Sukses

Covid-19 Mengubah Wajah NBA

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi virus corona Covid-19 yang melanda seluruh belahan dunia juga telah membawa dampak besar pada kompetisi bola basket terbesar NBA. Kompetisi memang masih bisa berjalan, namun NBA yang sekarang berbeda drastis dengan sebelum pandemi terjadi.

NBA musim 2020-2021 berlangsung dengan sistem normal yakni klub bisa bermain di kandang sendiri, kecuali Toronto Raptors yang berasal dari Kanada. Berbeda dengan bagian akhir musim lalu yang memakai sistem gelembung di Disney World Resort, Florida.

Di awal musim 2020-2021, semua berjalan dengan lancar. NBA mulai dipusingkan dengan serangan Covid-19 yang dialami pemain jelang pergantian tahun 2020 ke 2021.

Dua pekan terakhir yang paling parah. Sejak 30 Desember 2021 NBA mengadakan tes Covid-19 untuk 502 pemain, hasilnya ada 27 kasus positif baru yang menimpa pemain NBA, dengan 11 diantaranya baru terjadi sepekan terakhir.

Hingga Jumat (22/1/2021) sudah 16 pertandingan NBA yang harus ditunda karena ada tim yang tak bisa menurunkan minimal delapan pemain akibat terkena Covid-19 atau harus karantina karena kontak dengan orang yang positif.

 

NBA mengharamkan pemain berpelukan dan berjabat tangan sebelum dan seduah pertandingan. NBA kini cuma mengizinkan para pemain melakukan kontak dengan siku atau kepalan tangan.

Bintang muda New Orleans Pelicans Zion Williamson terpaksa hanya melakukan tos kepalan tangan dengan pelatihnya Stan Van Gundy. 

Para pemain juga diminta menjaga jarak enam kaki serta tetap memakai masker saat berada di bangku cadangan.

Forward Pelicans Zion Williamson harus duduk berjauhan dengan rekan-rekan setimnya saat disimpan di bangku cadangan. 

Keharusan memakai masker ini juga berlaku untuk para pelatih dan staf. Mereka harus menggunakan masker sepanjang berada di pinggir lapangan termasuk juga saat time-out.

Pelatih Chicago Bulls Billy Donovan mulai membiasakan diri tetap memakai masker ketika melatih dipinggir lapangan. 

Peraturan ketat pencegahan Covid-19 dari NBA ini wajib dijalani seluruh pemain tanpa terkecuali. Para Superstar juga harus patuh. 

Pemain bintang seperti LeBron James pun tak luput dari kewajiban memakai masker ketika sedang disimpan di bangku cadangan.

 

Center Los Angeles Lakers Anthony Davis tetap menggunakan masker saat berada di lapangan sebelum pertandingan dimulai.

Pasalnya para pemain NBA juga wajib mengenakan masker sebelum dan sesudah pertandingan berakhir. Percakapan seusai pertandingan juga tidak dibolehkan terlalu lama.