Sukses

Shopee Liga 1 Segera Bergulir Lagi, Persija Ganti Pelatih karena Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Jelang bergulirnya kembali Shopee Liga 1 pada 1 Oktober mendatang, Persija Jakarta malah ditinggal mudik pelatih kepala, Sergio Farias. Pelatih asal Brasil itu terpaksa pulang ke negaranya setelah mendengar kabar anaknya terjangkit virus Corona COVID-19. Sebagai gantinya, Persija menunjuk Sudirman. 

Farias telah membatalkan kontraknya dengan Persija. Dia terpaksa mengambil langkah ini untuk fokus pada pemulihan anaknya yang terjangkit COVID-19. Brasil seperti diketahui menjadi salah satu negara dengan jumlah kasus virus Corona COVID-19 tertinggi di dunia setelah India dan Amerika Serikat. 

Selain menjangkiti anaknya, virus Corona COVID-19 sebelumnya telah membunuh keponakan Farias. 

Persija telah menyerahkan posisi Ferias kepada Sudirman. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai asisten pelatih itu kini diberi kepercayaan untuk memimpin Macan Kemayoran di Liga 1 musim ini. 

Ini bukan kali pertama Sudirman jadi pelatih pengganti. Sudirman pernah menjadi pelatih kepala Persija pada tahun 2019 ketika tim berjuluk Macan Kemayoran belum memiliki pelatih tetap sepeninggal Julio Banuelos. Ketika itu, dia membawa Persija menang 1-0 atas Barito Putera di Liga 1.

Seperti dilansir dari Antaranews.com, pria yang semasa aktif sebagai pemain berposisi sebagai bek itu dianggap sangat mengenal Persija karena sudah menjadi asisten pelatih sejak ditangani Benny Dollo.

Sudirman juga sempat menduduki posisi asisten pelatih timnas Indonesia saat era kepemimpinnan Benny Dollo.

 

2 dari 4 halaman

Siap Mengemban Amanah

Pria berusia 51 tahun itu pun menyatakan siap mengemban tugas sebagai pelatih kepala Persija di lanjutan Liga 1 Indonesia 2020. "Saya seorang yang profesional saya siap menerima kepercayaan ini. Saya akan memberikan yang terbaik untuk tim ini," kata Sudirman seperti dilansir dari Antaranews.

"Persija adalah tim besar dengan sejarah yang juga besar. Semoga saya dapat menorehkan tinta emas bersama Persija. Saya sudah mengenal baik para pemain. Tentunya saya juga akan tetap menjaga suasana kondusif dan kekeluargaan yang saat ini sudah ada dalam tim," ujar Sudirman. 

 

 

3 dari 4 halaman

Bermarkas di Yogyakarta

Para pemain Persija sendiri saat ini terus menyiapkan diri menuju lanjutan Liga 1 2020.

Di bawah kepemimpinan Sudirman, mereka berlatih di Lapangan PS AU TNI Angkatan Udara, Jakarta, sejak Rabu (19/8). Lanjutan Liga 1 musim 2020 berlangsung pada 1 Oktober 2020 hingga 28 Februari 2021. Kompetisi tetap digelar semusim penuh tetapi tanpa degradasi.

Semua laga Liga 1 2020 akan digelar di Pulau Jawa dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 yang ketat. Dengan dikonsentrasikan di sana, tim-tim akan berpindah-pindah dengan transportasi darat demi mencegah penyebaran COVID-19.

Adapun Persija memilih berkandang di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta.

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini: