Sukses

Faktor Ini yang Bikin Ansu Fati Langsung Moncer dengan Timnas Spanyol

Ansu Fati menjadi pencetak gol termuda bersama Timnas Spanyol. Dia pun mengungkapkan penyebab bisa tampil bagus dengan Spanyol di UEFA Nations League.

Liputan6.com, Madrid- Ansu Fati kembali bikin rekor yang kali ini dilakukannya dengan Timnas Spanyol di ajang UEFA Nations League. Ansu Fati mencetak gol pertamanya dengan Spanyol saat menang 4-0 atas Ukraina di Alfredo di Stefano, Madrid, Senin (7/9/2020).

Ini menjadi penanda yang bagus bagi wonderkid Barcelona Ansu Fati yang masih 17 tahun. Dua penampilan pertamanya dengan Timnas Spanyol memberi kesan besar bagi pemain yang bakal genap 18 tahun pada 31 Oktober 2020 ini.

Fati untuk pertama kalinya dipercaya turun sebagai starter bersama timnas Spanyol senior saat melawan Ukraina. Kepercayaan dari pelatih Luis Enrique dibayar lunas oleh Fati dengan ikut mencetak satu gol.

Memakai nomor punggung 17, Ansu Fati mencetak gol pada menit 32. Satu gol dari Fati membantu Spanyol menang 3-0. Tiga gol lain dibuat Sergio Ramos (dua gol) dan pemain pengganti Ferran Torres.

Pemuda kelahiran Guinea-Bissau itu tercatat sebagai pemain termuda yang mampu tampil sebagai starter di UEFA Nations League. Fati baru berumur 17 tahun dan 311 hari.

Fati juga kemudian membuat rekor sebagai pencetak gol termuda sepanjang sejarah timnas Spanyol di sebuah laga internasional. Ansu Fati memecahkan rekor abadi 95 tahun milik Juan Errazquin.

 

Saksikan Video Ansu Fati di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Merasa di Rumah

Usai pertandingan, Fati pun mengungkapkan soal faktor yang menyebabkan dirinya bisa langsung bersinar dengan Timnas Spanyol. Dia mengaku langsung senang debut di Spanyol karena disambut sejak hadir pertama kali.

Dia merasa langsung berada di rumah main di Timnas Spanyol.

"Saya bangga bisa dilatih Luis Enrique dan bermain dengan para pemain yang ada di sini," ujar Fati.

"Sejak hari pertama saya sudah disambut dengan tangan terbuka. Semua kepercayaan diberikan. Sekarang saya harus terus kerja keras dan tetap rendah hati."

 

3 dari 5 halaman

Gembira

 

Meski mencetak rekor sebagai pencetak gol termuda di Timnas Spanyol, Fati mengaku lebih suka dengan kemenangan timnya.

"Saya gembira, utamanya dengan kemenangan Spanyol. Kami main bagus selama 90 menit dan kami harus terus seperti ini," ujarnya.

4 dari 5 halaman

Rekor Lama

Rekor lama pencetak gol termuda ditorehkan Errazquin yang membuat gol untuk timnas Spanyol saat melawan Swiss pada tahun 1925. Saat itu dia berusia 18 tahun dan 344 hari.

Fati sendiri sudah melakoni debut di timnas Spanyol pekan lalu saat melawan Jerman. Tapi saat itu Fati masuk sebagai pemain cadangan. Fati menggantikan Jesus Navas di babak kedua.

5 dari 5 halaman

Torres

Menurut catatan Opta, Timnas Spanyol juga mencatatkan sejarah baru pada laga melawan Ukraina. Mereka menjadi tim pertama yang memiliki dua pemain kelahiran 2000-an yang mampu membuat gol dalam satu laga Liga Europa (Fati dan Ferran Torres).

Torres sendiri baru berusia 20 tahun. Pemain anyar Manchester City tersebut lahir pada 29 Februari 2000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.