Sukses

Alasan Honda Gusur Alex Marquez dari Tim Pabrikan MotoGP

Liputan6.com, Tokyo - Presiden Honda Racing Yoshishige Nomura membeberkan alasan mengapa Alex Marquez tergusur dari tim pabrikan pada MotoGP 2021. 

Honda memilih merekrut Pol Espargaro untuk mendampingi Marc Marquez untuk kompetisi mendatang. Sementara Alex ditransfer ke tim satelit LCR Honda menggantikan Cal Crutchlow.

Pertimbangan utama adalah situasi. Nomura menyebut LCR sebagai lokasi ideal bagi Marquez untuk tumbuh. Dia akan sulit mendapatkannya jika menetap di tim pabrikan. Sebab, fokus tim pabrikan tertuju ke sang kakak kandung yang berstatus juara MotoGP enam kali.

"Menganalisa dan mempertimbangkan situasi, kami yakin Alex memiliki kesempatan emas di LCR yang mendapat dukungan penuh dari Honda. Kami optimistis strategi ini bisa membantu kedua pihak mencapai target yang diinginkan," jelasnya dilansir Crash.

Nomura yakin LCR bisa membantu Marquez berkembang selama dua musim. Dia merujuk sejarah LCR yang berstatus tim satelit terbaik MotoGP dalam beberapa tahun terakhir. 

2 dari 4 halaman

Reaksi Alex Marquez

Alex mengaku lega tetap berada di lingkup pabrikan Sayap Tunggal, meski harus bergeser ke tim satelit. Sebab, dia tetap dapat motor RC213V spek pabrikan terbaru.

"Saya sangat bangga bisa mengumumkan kontrak baru saya dengan Honda Racing Corporation. HRC telah memberi saya kesempatan untuk tiba di MotoGP dan saya senang bisa bergabung dengan LCR Honda pada akhir 2020 dan berkompetisi dengan tim besar dengan pengalaman segudang di MotoGP."

3 dari 4 halaman

Bayar Kepercayaan

"Saya ingin berterima kasih kepada HRC dan LCR Honda atas kepercayaan yang mereka beri kepada saya demi tetap berada di keluarga Honda, dan saya akan bekerja keras untuk membayar kepercayaan mereka dengan hasil baik. Kini saya tak sabar memulai musim di Jerez dan saya sangat fokus untuk mengerahkan yang terbaik tahun ini."

4 dari 4 halaman

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini