Sukses

5 Mantan Pemain Udinese, Kini Jadi Andalan di Juventus Hingga MU

Jakarta - Udinese merupakan klub dengan sejarah panjang di Serie A. Banyak pemain hebat pernah membela klub yang bermarkas di Stadio Friuli tersebut.

Meskipun memiliki sejarah panjang di Serie A, namun Udinese belum sekalipun pernah meraih gelar juara. Sepanjang musim, Udinese terlihat kesulitan bersaing dan hampir sering finis di papan tengah atau papan bawah.

Namun, Udinese selalu mampu mencari pemain berkualitas. Kecerdikan pemandu bakatnya membuat banyak pemain hebat pernah berkarier di Udinese.

Para pemain tersebut didatangkan dengan biaya murah, dipoles menjadi pemain berkualitas, lalu dijual dengan harga tinggi. Strategi bisnis itulah yang membuat Udinese menjadi klub penghasil pemain berkualitas.

Sayangnya, tak ada pemain yang mampu memberikan kesuksesan untuk Udinese. Meski demikian, Udinese pada kenyataannya tetap mampu bertahan di Serie A dengan segala keterbatasan yang ada.

Squawka mencatat ada 11 pemain hebat yang pernah bermain untuk Udinese di Serie A. Namun, Bola.com hanya berfokus pada lima nama tenar yang saat ini menjadi andalan di klub-klub elite Eropa. Siapa saja?

2 dari 6 halaman

Odion Ighalo

Odion Ighalo ternyata pernah membela Udinese rentang 2008-2014. Namun, pemain asal Nigeria itu hanya mencatatkan enam pertandingan bersama Udinese di Serie A.

Sebagian besar karier Ighalo dilaluinya sebagai pemain pinjaman. Ighalo tercatat empat kali dipinjamkan ketika masih berstatus pemain Udinese.

Pada 2014, Ighalo akhirnya dipermanenkan oleh Watford. Di sinilah Ighalo menemukan ketajamannya sehingga diboyong Changchun Yatai dan Shanghai Shenhua. Saat ini, Ighalo sedang menjalani masa pinjamannya di Manchester United sejak awal 2020.

3 dari 6 halaman

Bruno Fernandes

Bruno Fernandes juga pernah menjadi bagian Udinese. Pemain asal Portugal itu berseragam Udinese rentang 2013-2016.

Bersama I Friulani, Bruno Fernandes mencatatkan 86 penampilan dan mencetak 10 gol. Pencapaian terbaiknya bersama Udinese terjadi pada Serie A 2013-2014, di mana ia berhasil finis di urutan ke-13.

Setelah itu, Bruno Fernandes bergabung dengan Sampdoria dan Sporting CP. Pada 2020, Bruno Fernandes bergabung dengan Manchester United dan saat ini menjadi bagian penting di lini tengah Setan Merah.

4 dari 6 halaman

Samir Handanovic

Samir Handanovic terbilang cukup lama mengabdi di Udinese. Kiper asal Slovenia itu memperkuat Udinese rentang 2004-2014.

Selama berseragam Udinese, Samir Handanovic berhasil mencatatkan 182 penampilan. Selain itu juga, kiper berpostur 193 tersebut pernah melakoni tiga kali masa pinjaman.

Pada 2012, Samir Handanovic hijrah ke Inter Milan. Namun, sampai saat ini belum ada gelar yang mampu dipersembahkan Handanovic bersama I Nerazzurri.

5 dari 6 halaman

Juan Cuadrado

Juan Cuadrado tercatat pernah menjadi bagian Udinese pada 2009-2012. Namun, pemain asal Kolombia itu hanya mencatatkan 20 penampilan dan pernah sekali dipinjamkan.

Penampilan Cuadrado gemilang selama masa pinjaman bersama Lecce. Akhirnya, pada 2012 dirinya diboyong Fiorentina. Di sinilah, titik puncak karier Cuadrado.

Sempat bergabung dengan Chelsea pada 2015, Cuadrado minim kesempatan bermain. Cuadrado kemudian dipinjamkan ke Juventus dan dipermanen pada 2017. Sampai saat ini, Cuadrado menjadi nyawa permainan di lini sayap Si Nyonya Tua.

6 dari 6 halaman

Alexis Sanchez

Udinese adalah klub Eropa pertama yang dibela Alexis Sanchez. Ketika itu, Alexis Sanchez bergabung pada 2006 dan berhasil mencatatkan 95 penampilan serta mencetak 20 gol sampai 2011.

Selama berseragam Udinese, Alexis Sanchez sempat mengalami dua kali masa pinjaman. Pada 2011, Alexis Sanchez kemudian diboyong Barcelona.

Alexis Sanchez juga sempat menjajal Premier League dengan bermain untuk Arsenal dan Manchester United. Pada 2019, Alexis Sanchez dipinjamkan ke Inter Milan.

Sumber: Squawka

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap / Benediktus Gerendo Pradigdo)