Sukses

Banyak Muncul Jerawat Saat di Rumah Aja? Ini Cara Ampuh Mencegahnya

Hal ini rentan membuat masalah di kulit seperti kulit kering dan jerawat.

Liputan6.com, Jakarta- Pandemi Corona COVID-19 mungkin membuat kita lupa atau lalai merawat wajah karena hanya di rumah aja. Hal ini rentan membuat masalah di kulit seperti kulit kering dan jerawat.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Lilik Norawati, saat di rumah memang tidak terpapar sinar matahari dan tidak sering memakai makeup namun masalah kulit seperti kulit kering, jerawat, hingga dermatitis tidak bisa terhindarkan.

Lilik juga mengatakan faktor masalah kulit saat di rumah terjadi karena penggunaan AC yang lebih sering menyebabkan kulit kering, stres di rumah saja menyebabkan jerawat, hingga perubahan pola tidur.

"Selama di rumah kita juga jadi jarang untuk membersihkan wajah dan menggunakan pelembap karena berfikir di rumah saja. Padahal membersihkan wajah dan pelembap harus tetap digunakan secara rutin," ujar Lilik beberapa waktu lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hindari Stres

Lilik pun menyarankan untuk mencegah jerawat akibat stres. Untuk itu, kita butuh menenangkan diri.

Nah, cara menenangkan diri seperti ini bisa dengan melakukan olahraga teratur, melakukan hobi favorit dan pola tidur yang cukup.

3 dari 4 halaman

Jaga Pola Makan

Lalu, pola makan yang sehat dengan diet seimbang. "Pola makan buruk akan memengaruhi kulit secara negatif," papar Lilik.

Pola makan yang sehat jelas sangat dianjurkan. Apalagi, dalam kondisi seperti sekarang, pola makan yang sehat juga akan membuat daya tahan tubuh kita kuat untuk menghadapi pandemi covid-19.

 

4 dari 4 halaman

Bersihkan Wajah

Dan yang terpenting membersihkan wajah dan gunakan pelembap sepanjang hari untuk mencegah dan mengatasi kulit kering apalagi di saat berpuasa seperti saat ini.

"Jika terjadi jerawat atau dermatitis, gunakan obat oles sesuai anjuran dokter kulit," tandasnya.

Penulis: Anisha Saktian Putri/Fimela.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini