Sukses

5 Minuman Penghilang Dehidrasi Saat Buka Puasa

Jakarta - Saat buka puasa, tubuh akan kekurangan cairan atau dehidrasi. Sehingga harus mengonsumsi banyak cairan.

Untuk menghilangkan dehidrasi saat buka puasa, ada banyak minuman yang bisa membantu menghidrasi tubuh dan menjaga kesehatan tubuh.

Tubuh manusia terdiri dari 60% air, dan rata-rata mengeluarkan 2 hingga 3 liter air sehari melalui urine dan keringat. Jika tidak mengonsumsi cairan dengan seimbang, maka tubuh akan mengalami dehidrasi, dan menyebabkan timbulnya gangguan kesehatan.

Tubuh yang dehidrasi, bisa menyebabkan kerusakan pada sel kekebalan tubuh dan juga merusak sel kulit hingga menyebabkan penuaan dini. Agar tubuh tidak dehidrasi, berikut 5 minuman penghilang dehidrasi yang cocok dikonsumsi saat buka puasa, yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

 

2 dari 6 halaman

Air Putih

Air putih adalah minuman paling penting, yang harus dikonsumsi pada saat buka puasa, sebagai penghilang dehidrasi. Minum air putih saat buka puasa, bisa membantu menambah cairan di dalam tubuh, yang hilang akibat puasa seharian.

Air putih memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, mengendalikan kalori yang ada di dalam tubuh, dan memberikan energi untuk tubuh beraktivitas. Kekurangan cairan di dalam tubuh, bisa menyebabkan penyakit ginjal. Mengonsumsi air putih bisa membantu menjaga kesehatan ginjal.

Mengonsumsi air putih saat buka puasa, bisa membantu menjaga fungsi usus, sehingga sistem pencernaan akan lancar. Selain menyehatkan tubuh, mengonsumsi air putih saat buka puasa, bisa membantu menyehatkan kulit agar terhindar dari penuaan dini.

Untuk menjaga kandungan cairan di dalam tubuh, konsumsilah air putih minimal 4 gelas saat sahur, dan 4 gelas saat buka puasa.

3 dari 6 halaman

Air Kelapa Muda

Air kelapa muda dikenal sebagai minuman penghilang dehidrasi. Air kelapa muda sangat baik dikonsumsi saat buka puasa. Air kelapa muda juga bisa menyehatkan tubuh. Mengonsumsi air kelapa muda saat buka puasa, bisa membantu menaikkan elektrolit pada tubuh, yang hilang pada saat seharian berpuasa.

Elektrolit adalah mineral yang diperlukan tubuh, untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, dan membantu mencegah dehidrasi. Air kelapa muda juga memiliki kandungan serat, vitamin C, mineral seperti kalsium dan kalium

Kandungan kalium yang terdapat pada kelapa muda, bisa membantu menjaga organ tubuh, agar tetap bekerja dengan baik. Selain mencegah dehidrasi, air kelapa muda juga bisa melancarkan sistem pencernaan, agar terhindar dari penyakit diare atau sembelit.

Air kelapa muda juga bisa membantu tubuh mengontrol berat badan, mengontrol tekanan gula darah, dan melindungi kelembapan kulit. Konsumsilah air kelapa muda yang murni secara rutin saat buka puasa, sebagai minuman penghilang dehidrasi, yang menyebabkan tubuh menjadi sehat.

4 dari 6 halaman

Teh Hijau

Minuman penghilang dehidrasi yang selanjutnya adalah teh hijau. Teh hijau sangat cocok dikonsumsi saat buka puasa, karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan, yang bisa menangkal radikal bebas, dan membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami.

Teh hijau merupakan cairan yang menghilangkan dehidrasi, yang bisa membantu menurunkan berat badan, dan menjaga metabolisme tubuh tetap stabil. Selain membantu mencegah dehidrasi pada tubuh, teh hijau juga bisa membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh, dan mengontrol mobilitas di dalam tubuh.

Minumlah teh hijau secara rutin pada saat buka puasa, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, setelah seharian melaksanankan ibadah puasa.

5 dari 6 halaman

Jus Buah

Buah-buahan memiliki kandungan serat, vitamin dan mineral, yang cocok dijadikan minuman penghilang dehidrasi saat buka puasa. Buah-buahan sangat baik dikonsumsi saat buka puasa, karena memiliki banyak manfaat, dan tidak membuat bosan.

Karena Sahabat Fimela bisa meracik berbagai macam buah-buahan, untuk dijadikan jus buah yang menyegarkan, dan di konsumsi saat buka puasa. Buah-buahan yang bisa dikonsumsi saat buka puasa adalah semangka dan melon. Semangka dan melon memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga akan membantu memenuhi cairan di dalam tubuh yang hilang saat puasa.

Sahabat Fimela juga bisa mengonsumsi jus alpukat dan pisang. Alpukat dan pisang memiliki kandungan serat yang baik untuk tubuh, dan mengandung kalium yang bisa menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh. Konsumsilah jus buah yang murni tanpa menggunakan gula, agar tidak meningkatkan kadar gula di dalam tubuh. Pada dasarnya buah-buahan memiliki kandungan gula yang alami

6 dari 6 halaman

Infused Water

Mengonsumsi soda bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Namun soda bukanlah minuman yang tepat untuk dijadikan sebagai minuman penghilang dehidrasi, saat berbuka puasa.

Sahabat Fimela bisa mengganti minuman soda, dengan minuman infused water, yang tentunya bisa membuat tubuh lebih sehat.

Infused water adalah minuman yang terbuat dari kombinasi air putih dengan buah yang dipotong-potong. Infused water bisa membantu menghilangkan dehidrasi, dan aman dikonsumsi saat buka puasa.

Perpaduan air putih dan buah-buahan yang ada pada infused water, bisa memebantu menutrisi tubuh, karena infused water mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Disadur dari Fimela.com (Penulis Keiza Prasetya Christvidya / Editor Ayu Puji Lestari, Published 9/5/2020)