Sukses

5 Pelatih Paling Sering Menang di Liga Spanyol

Ada lima pelath yang mampu mencatat kemenangan terbanyak di La Liga Spanyol, termasuk mantan pelatih Barcelona Ernesto Valverde.

Madrid - La Liga Spanyol merupakan satu dari lima liga top di Benua Eropa. Kompetisi kasta tertinggi di sepak bola Spanyol itu menyedot atensi penggemar sepak bola global layaknya sepak bola Inggris, Jerman, Prancis, dan Italia.

La Liga Spanyol sudah berdiri sejak 1929. Meski demikian, saat ini perhatian publik sepak bola mungkin hanya terarah pada dua klub besar yang merupakan langganan La Liga Spanyol: Barcelona dan Real Madrid. Faktanya, dua klub itu mendominasi gelar juara La Liga.

Kendati, klub-klub lain juga mencoba menyeruak masuk ke persaingan, seperti halnya yang dilakukan Atletico Madrid, Valencia, Sevilla, Real Sociedad, Athletic Bilbao, Deportivo La Coruna, dan Real Betis.

Bersama Barcelona dan Real Madrid, klub-klub tersebut mampu meraih titel juara La Liga.

Sama halnya pemain yang datang dan pergi, La Liga juga diramaikan dengan pelatih-pelatih terbaik di dunia yang didatangkan kontestan.

Pelatih-pelatih yang pernah atau masih aktif menangani klub La Liga, seperti Carlo Ancelotti, Jose Mourinho, Pep Guardiola, Mauricio Pochettino, Tito Vilanova (almarhum), Julen Lopetegui, Javier Aguirre, dan sebagainya.

Beberapa di antara pelatih mampu mengantar kesuksesan pada klub yang dibesutnya. Sementara yang lain, harus menemui kegagalan.

Hal itu cukup wajar mengingat persaingan La Liga begitu berat. Jangankan mencatatkan prestasi, meraih satu kemenangan saja bisa terasa begitu sulit.

Namun, statistik mencatat, ada lima pelatih yang apabila di-ranking merupakan pelatih dengan raihan jumlah kemenangan terbanyak di La Liga Spanyol.

Lima pelatih tersebut ada yang masih aktif hingga sekarang, ada pula yang telah pensiun. Salah seorang yang masuk daftar adalah mantan pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Lantas, siapa empat pelatih yang lain? Berikut lima pelatih dengan kemenangan paling banyak di kasta tertinggi Liga Spanyol, selengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ernesto Valverde

5. Ermesto Valverde

213 kemenangan

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, memberi arahan kepada pemainnya saat menghadapi Athletic Bilbao pada laga pekan pertama La Liga 2019-20 di stadion San Mames, Bilbao, Jumat (16/8). Barcelona kalah 0-1 dari Athletic Bilbao. (AFP/Ander Gillenea)

 

 

 

 

4. Ferdinand Daucik (meninggal 14 November 1986)

234 kemenangan

Ferdinand Daucik (Alchetron)

3. Javier Irureta

259 kemenangan

2. Miguel Munoz (meninggal 16 Juli 1990)

323 kemenangan

Miguel Munoz (FIFA.com)

1. Luis Aragones

344 kemenangan

Sumber: Marca

Disadur dari Bola.com (Penulis / Editor Aning Jati, Published 27/4/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini