Sukses

Termasuk Casillas, Berikut 4 Pemain Spanyol Paling Banyak Tampil di Liga Champions

Jakarta - Iker Casillas telah berkarier selama 22 tahun sebagai pesepak bola profesional. Februari lalu, ia dikabarkan pensiun. Hebatnya, Iker Casillas mencetak 188 penampilan untuk dua klub di ajang Liga Champions, Real Madrid dan FC Porto.

Tak hanya menjadi pemegang penampilan terbanyak sepanjang masa di Liga Champions, Iker Casillas juga merupakan pemain asal Spanyol pertama yang bisa mencatatkan rekor tersebut.

Dengan caps-nya yang mencapai 188, kiper yang kini berusia 38 tahun itu meraup koleksi tiga trofi Liga Champions bersama Real Madrid.

Untuk sementara, pria yang belum lama ini dikabarkan hendak mencalonkan diri sebagai Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) tersebut memang ada di urutan teratas pemegang caps terbanyak di Liga Champions.

Namun, status itu bisa digusur bekas koleganya di El Real, Cristiano Ronaldo.

Megabintang asal Portugal itu sejauh ini sudah mengoleksi 184 caps. Padahal, Ronaldo masih aktif bermain, dan klubnya sekarang, Juventus, juga berpeluang melaju sejauh mungkin di Liga Champions 2019-2020.

Hanya, apresiasi tetap pantas diberikan pada Casillas, yang dianggap sebagai salah seorang kiper terbaik di jagat sepak bola. Belum lagi, hingga saat ini tak banyak pemain asal Spanyol yang memiliki catatan seperti yang ditorehkannya.

Berikut Bola.com, Kamis (19/3/2020), menyajikan empat pemain asal Spanyol yang mencatatkan penampilan terbanyak di Liga Champions, tentu saja termasuk Iker Casillas.

2 dari 6 halaman

1. Iker Casillas (188 penampilan)

Di urutan pertama ada legenda Real Madrid, Iker Casillas. Kiper kawakan Spanyol itu telah berpartisipasi di ajang Liga Champions dalam 118 penampilan bersama Real Madrid dan raksasa Portugal, FC Porto.

Namun, Iker Casillas lebih banyak melakoni pertandingan bersama El Real.

Selama mengikuti ajang Liga Champions, Iker Casillas telah menjuarai tiga trofi.

3 dari 6 halaman

2. Xavi Hernandez (173 penampilan)

Xavi Hernandez menghabiskan sebagian besar karier sepak bolanya bersama Barcelona. Xavi Hernandez menjadi pemain Spanyol kedua dengan penampilan terbanyak di ajang Liga Champions, setelah Iker Casillas.

Xavi Hernandez kini telah pensiun sebagai pemain sepak bola. Kini Xavi Hernandez menjadi pelatih klub Qatar, Al Sadd.

Selama bermain di Liga Champions, Xavi Hernandez merengkuh empat trofi Liga Champions, yang semua diraihnya bersama Blaugrana.

4 dari 6 halaman

3. Pepe Reina (171 penampilan)

Pepe Reina menjadi kiper kedua asal Spanyol yang mencatatkan namanya sebagai pemain dengan penampilan terbanyak di Liga Champions. Beda dengan Iker Casillas, Pepe Reina menjalani pertandingan Liga Champions bersama lebih dari dua klub.

Klub yang beruntung mendapatkan jasa kiper berusia 37 tahun ini adalah Barcelona, ​​Villarreal, Liverpool, Napoli, Bayern Munchen, AC Milan.

Saat membela klub-klub itu, Pepe Reina mencatatkan menit bermain di Liga Champions.

Saat ini Pepe Reina kembali ke Premier League bersama Aston Villa setelah meninggalkan AC Milan.

5 dari 6 halaman

4. Raul Gonzalez (161 penampilan)

Kolega Iker Casillas di Real Madrid dan Timnas Spanyol, Raul Gonzales, menjadi nama terakhir yang berhasil menembus penampilan lebih dari 150 laga di Liga Champions.

Raul Gonzalez mencatatkan 161 penampilan dari kebersamaannya bersama Real Madrid dan Schalke 04.

Dari jumlah 161 itu, Raul Gonzalez lebih banyak mencatatkan menit bermain di Liga Champions bersama Real Madrid ketimbang Schalke 04.

Selama tampil di Liga Champions, Raul Gonzalez mengoleksi tiga trofi dan 71 gol.

Sumber: UEFA, Transfermrkt

Disadur dari: Bola.com (penulis Alfi, editor Aning, published 20/3/2020)

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Romelu Lukaku Ungkap Alasannya Abaikan Juventus Demi Inter Milan
Artikel Selanjutnya
3 Pemain yang Tampil Lebih Gemilang di Timnas Ketimbang Klub