Sukses

Sudahi Polemik, Persebaya Lepas Kembali Abduh Lestaluhu ke Tira Persikabo

Persebaya mengambil sikap ini mempertimbangkan beberapa alasan.

Liputan6.com, Surabaya - Abduh Lestaluhu batal memperkuat Persebaya Surabaya pada Shopee Liga 1 2020. Bek kiri tersebut tetap membela Tira Persikabo di kompetisi tahun ini.

Manajer Persebaya Candra Wahyudi menyatakan kedua tim sudah sepakat untuk menyelesaikan persoalan Abduh lewat proses transfer.

"Abduh kita lepas kembali ke Tira Persikabo lewat proses yang sudah disepakati kedua klub," terang Candra dilansir situs resmi klub..

Persebaya mengambil sikap ini mempertimbangkan beberapa alasan. Selain untuk kebaikan Persebaya, mereka juga memperhatikan masa depan Abduh. Menurut Candra, polemik yang timbul bisa mempengaruhi mental pemain dan Persebaya.

"Mari kita sudahi polemik ini, sudah saatnya berfokus dan yakin kepada tim. Tidak bisa kita terus tersandera dengan polemik yang tidak berkesudahan, biarkan Abduh fokus dengan timnya dan Persebaya dengan targetnya" tambah Candra.

Selain itu Persebaya, juga tidak ingin merusak hubungan baik yang sudah terjalin dengan sesama klub Shopee Liga 1.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Awal Sengketa

Kerja sama Abduh Lestaluhu dengan Tira Persikabo diketahui berakhir selepas kompetisi 2019. Persebaya kemudian bergerak dan mengontrak pemain berusia 26 tahun tersebut.

Bajul Ijo memproyeksikannya sebagai pengganti Ruben Sanadi yang hengkang ke Bhayangkara FC.

Namun, Abduh tidak kunjung tiba di Kota Pahlawan. Tira Persikabo enggan melepasnya. Padahal Persebaya sudah mengumumkan kedatangan sang pemain pada peluncuran skuat.

3 dari 3 halaman

Gagal Mediasi

Kedua klub kemudian bertemu untuk menyelesaikan sengketa ini dengan bantuan mediasi PSSI. Persebaya dan Tira Persikabo tetap tidak mencapai titik temu sebelum akhirnya Bajul Ijo mengambil keputusan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.