Sukses

Subsidi Klub Liga 1 2020 Meningkat, Persiraja dan Persipura Tertinggi

PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan menaikkan dana subsidi klub Liga 1 2020 menjadi Rp5,2 miliar.

Jakarta - Peserta Liga 1 2020 bakal mendapat subsidi masing-masing Rp5,2 miliar. Angka itu mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar Rp5 miliar.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri mengungkapkan itu usai memimpin rapat manajer tim Liga 1 2020 di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

"Dengan kemampuan PT LIB saat ini, kami memutuskan adanya peningkatan subsidi untuk klub. Musim lalu Rp5 miliar kami naikkan lebih dulu ke Rp5,2 miliar," kata Cucu Somantri kepada wartawan di Jakarta.

"Kemudian untuk klub yang secara geografis jauh seperti Persiraja dan Persipura kami tambahkan Rp500 juta, jadi masing-masing mendapatkan Rp5,7 miliar," tegas Cucu Somantri.

PT LIB sengaja tidak menaikkan dana subsidi secara signifikan karena ingin mencicil hutang. Strategi itulah yang akhirnya dilakukan agar neraca keuangan operator Liga 1 itu tetap seimbang.

"Kami berupaya akan menyelesaikan hutang-hutang sebelumnya. Makanya, kami tidak bisa meningkatkan dana subsidi Liga 1 secara signifikan," lanjutnya.

"Kalau dana ditingkatkan dan hutang tidak dibayar kan tetap saja akan seperti itu. Kami berupaya untuk tahun ini mencicil hutang yang terjadi pada 2017," ujar Cucu Somantri.

Saksikan Video di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keputusan Tepat

Keputusan PT LIB memberikan dana subsidi lebih Liga 1 2020 untuk Persiraja Banda Aceh dan Persipura Jayapura dianggap tepat. Kedua klub tersebut secara geografis terletak di ujung Indonesia.

Dana subsidi berlebih yang diberikan kepada Persiraja dan Persipura, agar klub tak terbebani ketika melakukan laga tandang. Penyebabnya karena mahalnya harga tiket pesawat yang harus dikeluarkan oleh kedua klub tersebut.

 

Disadur dari: Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap/Editor: Rizki Hidayat, published 19/2/2020)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.