Sukses

IBL Jadi Batu Loncatan Timnas Basket Sebelum Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Liputan6.com, Jakarta- Timnas basket Indonesia putra dipastikan akan ikut serta di Indonesian Basketball League (IBL) 2020. Memakai nama Indonesia Patriots, tim asuhan Rajko Toroman itu bakal bertarung dengan sembilan klub lainnya.

Di IBL 2020, Indonesia Patriots juga akan memakai dua pemain yang sedang dalam proses naturalisasi yakni Brandon Jawato dan Lester Prosper. Selain keduanya, pemain bintang seperti Arki Dikania Wisnu, Andakara Prastawa hingga Kaleb Ramot Gemilang juga akan membela Indonesia Patriots.

Indonesia Patriots nantinya hanya akan ikut di delapan seri reguler IBL. Apapun hasil di musim reguler, Indonesia Patriots tidak akan berlaga di babak play-off IBL.

"Idealnya mereka ini merupakan pemain-pemain terbaik yang ada di Indonesia. Timnas basket Indonesia ikut IBL 2020 agar bisa mendapatkan pengalaman dan memantapkan persiapan," ujar manajer timnas basket Indonesia Maulana Fahreza Tamrella di Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Timnas basket Indonesia memang akan ikut di tahap awal Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 mulai Februari 2020. Indonesia masuk Grup A bersama Thailand, Filipina dan Korea Selatan.

Indonesia pada laga pertama akan menjamu Korea Selatan pada 20 Februari 2020 dan Filipina 23 Februari 2020 di Britama Arena, Jakarta. Setelah itu bulan 27 November giliran tandang ke Thailand dan Korsel pada 30 November.

2 dari 3 halaman

Logo Baru

Selain mengumumkan roster untuk IBL 2020, Timnas Basket Indonesia juga meluncurkan secara resmi logo baru yang lebih fresh dan modern.

"Kami meluncurkan logo baru ini karena selama ini timnas basket kita tidak memiliki identitas yang jadi satu. Logo timnas putra, putri, junior sampai 3x3 beda-beda, jadinya terlihat tak kompak. Bagaimana mau maju jika identitas saja tak sama," kata perwakilan Badan Tim Nasional (BTN) Andiko Ardi Purnomo di Tokopedia Tower.

"Logo baru ini melambangkan filosofi Garuda Pancasila sebagai lambang kekuatan, soliditas, dan keragaman Bhinneka Tunggal Ika. Walau berbeda-beda tetap satu tujuan," lanjut Andiko.

Merchandise resmi timnas basket Indonesia dengan logo baru ini juga akan dijual oleh Perbasi kepada para pecinta basket tanah air. Perbasi menggandeng e-commerse Tokopedia.

 

3 dari 3 halaman

Roster Timnas Basket

Daftar Pemain Timnas Basket Indonesia di IBL 2020

- Arki Dikania Wisnu

- Laurentius Steven Oei

- Hardianus

- Mei Joni

- Kaleb Ramot Gemilang

- Muhammad Hardian Wicaksono

- Abraham Damar Grahita

- Andakara Prastawa

- Kevin Jonas Sitorus

- Vincent Kosasih

- Lester Prosper

- Brandon Jawato

Loading
Artikel Selanjutnya
Sudah Minta Maaf, Abraham Damar Tetap Dicoret Timnas Indonesia
Artikel Selanjutnya
IBL All-Star Bungkam Indonesia Patriot, Savon Goodman Kembali Jadi MVP