Sukses

Mengintip Stadion Tempat Pembukaan SEA Games 2019, Tak Kalah Mewah dari SUGBK

Jakarta - Filipina terus bersiap menyambut SEA Games 2019. Mereka ingin sukses di dalam segi prestasi dan penyelenggaraan event olahraga antarnegara Asia Tenggara ini.

Panitia telah memnyiapkan beberapa venue pertandingan SEA Games 2019. Satu di antaranya adalah Stadion Atletik New Clark City, Capas, Filipina. Stadion berkapasitas 20 ribu penonton tersebut telah memiliki sertifikasi kelas satu dari Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF).

Stadion yang berada di daerah Capas tersebut dibangun sejak tahun 2018. Stadion tersebut memiliki trek lari sebanyak sembilan jalur dan memberikan fasilitas trek pemanasan di dalam ruangan maupun di luar ruangan stadion dengan permukaan yang sintetis.

“Ketika saya pertama kali melihat fasilitas baru dari Stadion ini, saya ingin menjadi atlet lagi. Selama saya berkarier sebagai atlet, saya tidak pernah mendapatkan fasilitas semacam ini,” ungkap Sean Guevarra, pelatih tim atletik Filipina.

Stadion New Clark City. (dok. Wikipedia)

Beberapa waktu lalu, IAAF baru saja memberikan penghargaan untuk stadion baru di Filipina tersebut. Kualitas trek lari dan fasilitas penunjang lainnya membuat IAAF memberikan sertifikasi kelas 1 kepada stadion baru tersebut. Kelas 1 dari IAAF menandakan Stadion Atletik New Clark dapat digunakan untuk ajang SEA Games, Asian Games, bahkan Olimpiade.

 

2 dari 2 halaman

Venue Standar Olimpiade

Stadion Atletik SEA Games 2019 tersebut merupakan bagian dari New Clark City Sports Hub. Di New Clark City Sports Hub terdapat Aquatic Center yang setara dengan kualitas venue di Olimpade London 2012. Kolam tersebut juga mendapatkan sertifikasi Kelas 1 dari Federasi Renang Internasional (FINA).

Stadion Atletik New Clark City akan menjadi venue dari cabang olahraga atletik dan upacara penutupan SEA Games 2019. Dengan fasilitas kelas dunia tersebut, masyarakat Filipina berharap ajang olahraga dunia lainnya akan diselenggarakan di tanah air mereka. 

Disadur dari: Bola.com (penulis Tegar Juel, editor Aditya, published 15/11/2019)

Highlights Voli Putra Indonesia vs Filipina SEA Games 2019
Loading
Artikel Selanjutnya
Gagal Raih Emas Sepak Bola SEA Games 2019, Ketum PSSI: Timnas Kurang Hoki
Artikel Selanjutnya
Rapor Pemain Timnas Indonesia U-22 Usai Gagal Raih Emas SEA Games 2019