Sukses

Demi Kejar Prestasi, PB Perbakin Jalin Kerjasama dengan Timor Leste

Liputan6.com, Jakarta Pengurus Besar Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Indonesia (PB Perbakin) serius untuk memperbaiki prestasi olahraga menembak di tanah air. Salah satu cara yang ditempuh oleh Perbakin yang dipimpin Letjen TNI Joni Supriyanto yaitu dengan menjalin kerjasama dengan negara lain.

Cabor menembak di bawah PB Perbakin juga dianggap mengalami perkembangan pesat.Maka itu, Timor Leste menjalin kerjasama bilateral dengan Indonesia untuk pengembangan olahraga menembak demi kemajuan negara masing-masing.

Perbakin pada dasarnya siap bekerjasama dengan negara manapun demi terciptanya prestasi yang diinginkan.

"Sementara ini, kerja sama dibuat selama empat tahun. Tapi bisa berkembang juga atau diperpanjang. Kedua negara sepakat saling mendorong kemajuan prestasi. Tapi yang juga tidak kalah penting, kita menjalin silaturahmi dan persahabatan agar menjadi lebih baik," seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

"Kita apresiasi Timor Leste yang rutin mengirimkan atlet dalam berbagai kejuaraan. Misalnya saja di Youth (Youth Training South East Asia Youth Training Camp Air Rifle) dan SEASA juga ikut. Kita juga berharap di SEA Games bisa bertemu dan berebut medali," kata Joni yang menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI.

Kerjasama ini diharapkan juga bisa membuat Perbakin bisa membimbing atlet agar bisa maksimal raih prestasi di cabor menembak.Maklum, olahraga ini sudah masuk Olimpiade dan memperebutkan banyak nomor.

Joni juga menegaskan tekad membawa olahraga menembak semakin baik. Dia ingin para atletnya menunjukkan prestasi gemilang setelah mengikuti banyak turnamen menembak yang digelar di tanah air.

 

2 dari 2 halaman

Menular

PB Perbakin, ditambahkannya, butuh figur yang passion-nya senang dengan olahraga menembak. Seperti prajurit yang saat ini banyak memenangi kejuaraan menembak di skala internasional.

Prestasi prajurit ini bisa ditularkan kepada atlet lain di nomor target, air rifle, airsoft, berburu, skeet and trap yang menjadi bagian dari nomor yang dipertandingkan pada turnamen menembak. Lapangan tembak yang dimiliki TNI di setiap provinsi memungkinkan untuk melakukan pembinaan atlet daerah.

"Intinya, kesempatan kali ini diharapkan bisa mencetak atlet yang terbaik bagi masing-masing negara. Kita memang harus bekerjasama," katanya.

Sementara itu, Ketua Persatuan Menembak Timor Leste, Domingos Raul (Falur Rate Laek), mengatakan sudah lama memperhatikan kehebatan atlet Indonesia. Karena itu, Timor Leste sangat antusias untuk kerjasama

Ia juga berharap bisa menunjukkan banyak kemampuan Timor Leste yang bisa diaplikasikan di Indonesia, dan begitu juga sebaliknya.

"Kita mau seperti saudara-saudara kita yang sukses berlaga di luar megeri. Kita mau juga populer di dunia internasional. Karena itu, bisa dibantu dengan kerja sama ini dengan Perbakin,” katanya didampingi duta besar Timor Leste untuk Indonesia, Alberto Xavier Pereira Carlos.

Dia berharap kerjasama nanti bisa memberi semangat bagi atlet Timor Leste di ajang internasional.Selain itu, adanya pertukaran delegasi, spesialisasi, pelatih dan atlet sehingga terjadi pertukaran informasi dan pengalaman.

Loading
Artikel Selanjutnya
Persahabatan hingga Akhir Hayat BJ Habibie - Xanana Gusmao
Artikel Selanjutnya
Anak Muda Timor Leste Mengenal BJ Habibie Lewat Buku Sejarah