Sukses

Rizal Sungkar Siap Bersaing di Kejurnas Reli Seri 2 Medan

Kejurnas Reli seri 2 di Medan berbarengan dengan digelarnya kejuaraan reli Asia Pasifik (APRC) yang sudah dihelat sejak Jumat lalu dan dibuka langsung oleh Gubernur Sumut Eddy Rahmayadi.

Liputan6.com, Deli Serdang- Pereli Rizal Sungkar sudah siap bersaing untuk meraih kemenangan pada kejurnas reli seri dua Medan yang berlangsung Minggu (28/7/2019). Rizal dan navigatornya Edwin Nasution, dengan dukungan Fastron dari Pertamina Lubricant, siap menggoyang kawasan Rambung Sialang Hilir.

Menurut Rizal secara persiapan ia sudah mantap karena reli di Medan bukanlah sesuatu yang baru bagi Rizal. Putra pasangan pereli era 1980-an, Helmy dan Ria Sungkar yang juga adik kandung dari Rifat Sungkar ini mengaku mempersiapkan fisik dan kendaraan secara maksimal. 

"Senang sekali akhirnya bisa tampil lagi di ajang reli. Saya akan turun di Kejurnas Reli Putaran kedua bersama navigator, Edwin Nasution, dengan andalan kami, Mitsubishi Evo X, mohon doa agar kami bisa melakukan yang terbaik di putaran kedua Kejurnas Reli Minggu ini. Semua lawan sudah pasti berat dan wajib diwaspadai lebih. Tapi, kami harap bisa melakukan yang terbaik untuk kami sendiri dan tentu saja sponsor kami, Fastron dari Pertamina Lubricant," kata Rizal seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

Dihelatnya kejurnas berbarengan dengan ajang reli Internasional, Asia Pasifik Rally Championship (APRC) Asia Cup seri dua yang digelar di kawasan perkebunan sawit Rambung Sialang Hilir, Medan, Sumatera Utara sejak Jumat (26/7) dan akan berakhir Minggu (28/7/2019). Digelarnya APRC ini sekaligus menandakan pertama kalinya APRC digelar lagi di Indonesia setelah absen selama satu dekade, terakhir digelar di Makassar pada 2009 silam.

Sebagai Ketua Komisi Reli & Sprint IMI Pusat, Rifat Sungkar mengaku bangga APRC bisa hadir lagi di tanah air. Kejuaraan APRC ini juga sekaligus menjadi Kejurnas Reli Indonesia seri pertama dan kedua. Apalagi pembukaan APRC Asia Cup Round 2 di Alun-alun PemKab Deli Serdang, Lubuk Pakam, Sumatera Utara pada Jumat (26/7/2019) siang dihadiri langsung Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah.

Rifat mengaku bangga karena upacara pembukaan APRC Medan dihadiri langsung Gubernur dan Wakil Gubernur. Ia tahu persis, Medan tak pernah lepas dari reputasi reli di Indonesia karena di tahun 1996 dan 1997 sempat menggelar ajang World Rally Championship (WRC), sehingga bisa dibilang kembalinya APRC ke Medan sekaligus menandai kebangkitan reli Indonesia.

 

Video

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

63 Peserta

Total 63 peserta baik nasional maupun internasional ikut meramaikan kejuaraan ini yang mana Sabtu (27/7) langsung bersamaan digeber juga putaran pertama Kejurnas Reli. Salah satu pereli international asal Italia, Fabio Frisiero, didampingi navigatornya Giovanni Aqnese juga ambil bagian meramaikan ajang ini.

Sementara sejumlah pereli papan atas nasional seperti Rizal Sungkar, Subhan Aksa, Ijeck, Erwin Mancha , Harun Nasution, Ryan Nirwan, Glenn Nirwan, M. Harri Prastomo pun sudah tak sabar untuk meramaikan ajang ini lantaran sudah cukup lama menantikannya.

Para pereli akan menjalani total 10 special stages (SS) yang akan dibagi ke dalam dua hari. Di hari Sabtu, SS yang akan dijalankan adalah sebanyak 6 dan di hari Minggu ada 4 SS tersisa dengan jarak keseluruhan SS yaitu 169,53 km.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.