Sukses

Menpora Optimistis Indonesia Juara Umum ASEAN School Games 2019

Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN School Games yang akan berlangsung di Semarang, Jawa Tengah, 17-25 Juli 2019.

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 183 atlet pelajar Indonesia bakal berjuang dalam ASEAN School Games 2019 yang berlangsung di Semarang, Jawa Tengah 17-25 Juli. Rabu (17/7/2019), kontingen Indonesia dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi di Ballroom Rama Shinta Hotel Patra, Semarang, Jawa Tengah.

Imam berpesan kepada atlet untuk berjuang semaksimal mungkin mengharumkan nama Indonesia di ASEAN School Games 2019. Ia sangat bangga dan bersyukur melihat wajah-wajah optimistis serta meyakinkan menghadapi perhelatan yang sangat bergengsi di kawasan ASEAN ini.

"Saya optimistis kalian bisa menjadi juara di ASEAN School Games, bahkan menjadi juara di SEA Games, Asian Games, Olimpiade, dan kejuaraan dunia lainnya, " kata Imam. Imam menambahkan para atlet bertanding tidak hanya sendiri dan beregu. Tetapi, mereka juga diantar dengan doa orangtua, bahkan masyarakat Indonesia.

"Kalian harus memberikan penampilan terbaik. Memberikan yang terbaik bukan berarti harus jadi juara dengan segala cara, tapi menang dengan fair play, jujur, sportif dan menjunjung tinggi persaudaraan persahabatan di antara pelajar-pelajar se-ASEAN," ucapnya.

"ASEAN School Games adalah tahapan awal yang akan mengantarkan kalian ke jenjang lebih tinggi. Saya yakin ini akan jadi pintu masuk untuk terus melangkah jauh sampai kalian menjadi juara di Olimpiade."

"Kalian bisa membuktikan bahwa Indonesia ini bisa menjadi juara. Kita semua, masyarakat Indonesia akan mendoakan dan mendukung kontingen Indonesia untuk bisa mendapatkan gelar juara umum, " imbuh Menpora.

Imam juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan yang memberi asuransi kepada para atlet ASEAN School Games 2019 selama pelaksanaan sampai selesai.

"Semoga kita semua sehat, tidak ada yang mengalami cedera sehingga tak berhubungan dengan BPJS Ketenagakerjaan," tutup Imam.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Atlet-atlet Terpilih

Plt Asisten Deputi Olahraga Prestasi Ahmad Arsani mengatakan kontingen Indonesia adalah atlet-atlet muda masa depan yang telah terpilih melalui seleksi sangat ketat. Kontingen Indonesia berjumlah 250 orang yang terdiri dari183 atlet, 38 pelatih, dan 9 manajer serta 20 offisial.

"Kontingen Indonesia akan mengikuti 9 cabor, yaitu atletik, renang, pencak silat, bulu tangkis, tenis, basket, bola voli, tenis meja, dan sepak takraw dan mengikuti seluruh nomor yang dipertandingkan sebanyak 117 nomor," ucap Ahmad.

"Untuk mengejar target umum, kami telah melakukan persiapan dan pelaksanaan pelatnas mulai 29 Juni sampai 16 Juli 2019 yang didukung oleh jajaran Pemprov Jawa Tengah dan Kota Semarang," tambah pria yang juga sebagai penanggung jawab kontingen.

 

3 dari 3 halaman

Pemusatan Latihan

Para atlet dan pelatih dari sembilan cabang olahraga telah menjalani pemusatan latihan secara bertahap yang dimulai sejak 29 Juni lalu. Dengan program latihan yang fokus pada peningkatan kemampuan fisik, teknik, dan mental.

"Sampe hari ini di hari pengukuhan, beberapa cabang olahraga masih melakukan pemusatan latihan. Bahkan, voli dan basket juga akan menggelar sparing dengan beberapa klub," ujar Yayan Rubaeni, Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk ASEAN Schools Games 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.