Sukses

Head to Head Tottenham Vs Liverpool: The Reds Unggul Jauh

Tottenham vs Liverpool menjadi pertandingan final Liga Champions musim ini yang digelar di Wanda Metropolitano, Madrid.

Liputan6.com, Madrid - Liverpool akan berhadapan dengan Tottenham Hotspur di final Liga Champions yang berlangsung di Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6/2019) dini hari WIB.

Di kompetisi Liga Inggris, Tottenham dan Liverpool tentu merupakan lawan yang familiar. Setiap musim mereka saling berhadapan.

Namun, di level Eropa, ini jadi pertemuan kedua Tottenham dan Liverpool. Sebelumnya, Tottenham dan Liverpool baru pernah bertemu di semifinal UEFA Cup 1972/73.

Kala itu, The Reds menyingkirkan The Lilywhites melalui gol tandang dalam agregat 2-2 (1-0 kandang, 1-2 tandang), yang membuat mereka lolos ke final hingga akhirnya menjadi juara.

Tottenham dan Liverpool telah bertemu sebanyak 170 kali di semua kompetisi. Liverpool unggul head to head dengan 79 kemenangan, dan Tottenham 48, sedangkan 43 pertandingan lainnya berakhir imbang.

Liverpool juga mendominasi dalam 14 pertemuan terakhir mereka melawan Tottenham di semua kompetisi. The Reds menang sembilan kali dan hanya sekali kalah dari Spurs, sisanya seri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sekali Menang

Satu-satunya kemenangan Tottenham atas Liverpool selama periode tersebut adalah 4-1 (kandang) di Liga Inggris 2017/18. Setelah itu, Spurs tak pernah mampu lagi menundukkan klub asal Merseyside tersebut.

Musim ini, Liverpool dua kali mengalahkan Tottenham dengan skor identik 2-1 di Premier League. Di kandang Tottenham, Liverpool menang lewat gol-gol Georginio Wijnaldum dan Roberto Firmino, sedangkan satu gol Tottenham dicetak Erik Lamela. Di Anfield, Liverpool menang lewat gol Roberto Firmino dan bunuh diri Toby Alderweireld, sedangkan satu gol Tottenham dicetak oleh Lucas Moura.

3 dari 3 halaman

1982

Sebelum ini, pertemuan Tottenham dan Liverpool di final adalah di final League Cup 1982. Liverpool meraih comeback win 3-1 lewat extra time dalam final yang digelar di Wembley tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.