Sukses

Profil Klub Liga 1 2019: Persipura Jayapura Bertekad Bangkit

Persipura pernah menjadi klub yang sulit dikalahkan di Indonesia dalam rentang 2008-2014, di mana selalu finis dengan status juara atau runner-up.

Liputan6.com, Jayapura Persipura Jayapura bertekad bangkit pada kompetisi Liga 1 2019 setelah sempat mati suri. Tim berjuluk Mutiara Hitam itu terlihat kehilangan tajinya dalam dua musim terakhir.

Persipura pernah menjadi klub yang sulit ditaklukkan di Indonesia. Hal itu terjadi rentang 2008-2014 di mana klub asal Papua itu selalu finis dengan status juara atau mininal runner-up.

Namun, setelah menyegel gelar Indonesia Soccer Championship A pada 20016, Persipura mengalami penurunan performa. Pada 2017, mereka finis di peringkat keenam dan musim lalu harus puas berada di urutan ke-12.

Situasi inilah yang membuat Persipura tak lagi diperhitungkan dalam sepak bola Indonesia. Teranyar, pada Piala Presiden 2019 mereka gagal lolos dari fase grup.

Persipura kemudian berbenah dengan mendatangkan pemain-pemain asing anyar. Sebut saja Andre Ribeiro, Ibrahim Conteh, dan Oh In-kyun. Dengan satu slot sisa, Persipura masih berpeluang untuk menambah kekuatan di lini yang dibutuhkan.

Bersama pelatih Luciano Leandro, Persipura akan mengalami kebangkitan. Syaratnya adalah mereka harus mampu bersaing dan memenangi duel-duel penting melawan tim-tim besar di Liga 1 2019.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pelatih: Luciano Leandro

Persipura saat sesi latihan dipimpin pelatih Luciano Leandro. (Bola.com/Abdi Satria)

Luciano Leandro ditunjuk menjadi pelatih Persipura pada 22 Januari 2019. Pelatih asal Brasil itu bukan sosok yang asing buat sepak bola Indonesia karena pernah menukangi PSM Makassar.

Ia salah satu pemain asing legendaris di era awal Liga Indonesia pada medio tahun 1990-an. Luciano, yang berposisi sebagai gelandang serang itu sempat mempersembahkan gelar juara kompetisi kasta elite buat Persija pada musim 2001. Saat aktif merumput Luci juga sempat membela PSM.

Menukangi tim sekelas Persipura tentu bukan hal yang mudah buat Luciano Leandro. Apalagi Mutiara Hitam mengalami penurunan performa dalam dua musim terakhir.

Bersama Luciano Leandro, Persipura diharapkan bisa kembali bersaing gelar pada Liga 1 2019. Jika tak terealisasi, besar kemungkinan posisinya akan didepak dari Persipura.

3 dari 4 halaman

Pemain Kunci

Pemain Persipura Jayapura, Boaz Solossa saat melawan Persija Jakarta pada lanjutan Liga 1 Gojek bersama Bukalapak di Stadion Pakansari, Bogor, (25/5/2018). (Bola.com/Nick Hanoatubun)

Oh In-kyun

Oh In-kyun bergabung dengan Persipura pada 22 Januari 2019. Ini menjadi klub kedua Oh In-kyun di Indonesia setelah musim lalu berseragam Persib Bandung.

Musim lalu, Oh In-kyun berhasil menjadi motor permainan Persib dan mencetak tiga gol dalam 27 pertandingan. Bersama Persipura, Oh In-kyun tentu berpeluang melanjutkan penampilan terbaiknya mengingat klub ini mengandalkan sepak bola agresif dan mengandalkan serangan dari sayap.

Boaz Solossa

Persipura diyakini masih akan bergantung pada Boaz Solossa pada Liga 1 2019. Meskipun sudah berusia 33 tahun, Boaz nyatanya masih bisa bersaing di lini depan.

Musim lalu, Boaz sukses mencetak 11 gol dalam 27 penampilan di Liga 1 2019. Ini jadi momentum buat Boaz untuk kembali membuktikan kualitasnya sekaligus mengantarkan Persipura meraih kesuksesan.

4 dari 4 halaman

Komposisi Skuat

Gelandang asal Korea Selatan, Oh In-kyun, bertekad mengembalikan kejayaan Persipura Jayapura. (@Instagram/inkyunreal)

Kiper: Dede Sulaiman, Mario Londok, Panggih Prio

Belakang: Diego Werbabkay, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Randy Titaley, Zulkifli Kosepa, David an Sanyi, Israel Wamiau, David Rumakiek, Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Valentino Telaubun

Tengah: Irvan Mofu, Oh In-kyun, Imanuel Wanggai, Patrick Womsiwor, Ian Kabes, Ronaldo Meosido, Gosner Komboy, Muhammad Tahir, Gunansar Mandowen, I Nyoman Ansanay, Ibrahim Conteh

Depan: Ronaldo Wanma, Titus Bonai, Marinus Wanewar, Boaz Solossa

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.