Sukses

6 Pemain yang Harus Tinggalkan Chelsea untuk Perbaiki Karier

Para pemain ini gagal menunjukkan performa terbaik di bawah komando Maurizio Sarri. Untuk melanjutkan karier, mereka harus meninggalkan Stamford Bridge.

Jakarta - ​Chelsea mulai bersiap menyambut musim baru meski Premier League belum berakhir. Klub London Barat itu sudah menyusun strategi di pasar transfer.

Kampanye pertama Maurizio Sarri bersama ​Chelsea bisa dikatakan tak mulus. Pelatih asal Italia itu gagal membuat The Blues kompetitif di persaingan juara.

Chelsea harus puas ada di lingkar persaingan big four. Satu-satunya kebanggaan yang diraih adalah ​The Blues selangkah lagi lolos ke semifinal Liga Europa.

Jika masih mendapat mandat menjadi pelath Chelsea, hampir dipastikan Sarri akan melakukan peremajaan skuat.

Ada enam pemain yang harus mempertimbangkan untuk segera meninggalkan Stamford Bridge. Entah karena mereka jarang dimainkan, karier stagnan atau memerlukan tantangan baru:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Danny Drinkwater

​Chelsea memang dikenal sebagai klub yang cenderung lamban menambah kekuatan skuatnya di ​bursa transfer, hal ini juga terjadi sata mereka secara tak terduga mendatangkan Danny Drinkwater dari Leicester City di musim panas 2017.

Meski sukses mengantarkan​ The Blues menjuarai FA Cup di musim perdananya, kini Drinkwater sama sekali tidak menjadi pilihan utama Maurizio Sarri. 

Bahkan manajer asal Italia itu juga sudah beberapa kali menegaskan bahwa pemain yang berposisi sebagai gelandang itu tidak masuk dalam skema yang dia terapkan sekaligus membuka pintu keluar lebar-lebar dan  mempersilahkannya hengkang Januari silam.

Setelah sempat menolak hengkang, kali ini sepertinya Drinkwater harus segera angkat kaki dari Stamford Bridge. Pemain yang sempat membela ​Manchester United itu pun masih menarik minat salah satu klub ​Premier League, Bournemouth.

 

3 dari 7 halaman

Gary Cahill

Gary Cahill mulai bergabung dengan ​Chelsea di tahun 2012, dia didatangkan dari Bolton Wanderers dengan nilai transfer yang sangat terjangkau, delapan juta poundsterling.

Menjadi salah satu bek tertangguh yang dimiliki ​The Blues dan sukses mempersembahkan tujuh trofi bergengsi, termasuk di antaranya dua trofi​ Premier League dan juga dua gelar Eropa, ​Champions League serta Europa League.

Sayang, keberuntungan nampaknya tidak berpihak pada Cahill pasca Chelsea bermain di bawah arahan Maurizio Sarri. Meski berstatus sebagai kapten tim, pria asal Inggris itu langsung terpinggirkan karena Sarri lebih suka menempatkan David Luiz dan Antonio Rudiger. Sementara di bangku cadangan masih ada Andreas Christensen.

Usia Cahill yang sudah menginjak 33 tahun pun membuanya akan sulit untuk kembali merebut satu posisi di lini pertahanan ​Chelsea.

4 dari 7 halaman

Davide Zappacosta

Davide Zappacosta menjadi 'panic buying' ​Chelsea di tahun 2017, dia dibeli dari Torino dengan harga yang diperkirakan mencapai 25 juta euro. Menempati posisi bek kanan, saat ​The Blues dilatih Antonio Conte, pemain asal Italia ini juga hanya menjadi pelapis dan lebih banyak memulai laga dari bangku cadangan.

Hal yang sama juga terjadi di era kepelatihan Sarri, pemain kelahiran Sora, Italia itu baru tampil dalam tiga laga ​Premier League.

Meski masih terikat kontrak hingga tahun 2021, Zappacosta sepertinya sudah harus segera meninggalkan Stamford Bridge, selain posisi bek kanan kini masih ditempati Cesar Azpilicueta, musim depan pihak klub juga sudah berencana untuk mempromosikan Reece James ke skuat utama.

5 dari 7 halaman

David Luiz

Kedatangan Maurizio Sarri nampaknya memang menjadi berkah tersendiri bagi David Luiz, dia kembali ke starting XI dan hampir selalu menjadi pilihan utama di setiap pertandingan.

Meski menjadi pilihan utama, tak jarang mantan pemain Paris Saint-Germain itu melakukan blunder atau kesalahan mendasar yang menyebabkan timnya kebobolan atau bahkan gagal memetik poin penuh.

Luiz sepertinya harus bergerak cepat untuk hengkang dari ​Chelsea, selain usianya yang sudah menginjak 32 tahun, pemain asal Brasil tersebut juga masih belum mendapatkan tawaran kontrak baru dari ​The Blues. 

Tak berhenti sampai di sana, Maurizio Sarri juga masih memiliki Andreas Christensen yang terlihat lebih tenang dan disiplin kala menjalankan tugasnya di lini pertahanan.

6 dari 7 halaman

Willian

Willian mulai bergabung dengan​ Chelsea di tahun 2013, di dua tahun awal, pemain asal Brasil ini memang menampilkan performa yang cukup baik dan bisa menjadi solusi di lini depan, namun seiring berjalan waktu, performanya terus mengalami penurunan dan bahkan tak jarang mengecewakan.

Kini di musim 2018-2019, Willian memang cukup diandalkan, namun dalam 48 pertandingan yang sudah dia jalani, pemain berusia 30 tahun itu baru mencetak delapan gol. Statistik ini pun sepertinya cukup menguatkan anggapan bahwa​ The Blues memerlukan sosok penyerang sayap anyar.

Hengkang ke klub lain sepertinya sudah harus dipikirkan Willian, apalagi dia juga masih memiliki peminat, yakni ​Barcelona. ​Chelsea pun sudah terlebih dulu menyiapkan suksesornya, yakni Christian Pulisic yang dibeli dari ​Borussia Dortmund.

7 dari 7 halaman

Eden Hazard

Sejak memutuskan bergabung dengan ​Chelsea di tahun 2012, Eden Hazard memang menjadi sosok tak tergantikan di lini depan. Total, pemain asal Belgia itu sudah mencetak 106 gol di seluruh kompetisi dan juga menjadi salah satu top skorer sepanjang masa klub yang didirikan pada tahun 1905 itu.

Sejumlah trofi bergengsi juga sudah dia persembahkan, antara lain dua ​Premier League, FA Cup, League Cup dan Europa League.

Sayang, konsistensi yang diperlihatkan ​Hazard tak dibarengi dengan rekan-rekan setimnya, bahkan jika boleh berkata jujur, ​The Blues terlihat terlalu bergantung pada mantan pemain Lille tersebut -- tak jarang, jika ​Hazard absen, performa​ Chelsea juga ikut menurun.

 Kini di musim 2018-2019, pemain asal Belgia tersebut memang tengah berada di puncak karier, bersama​ Chelsea, ​Hazard sudah mengoleksi 16 gol dan 12 assist. Namun sepertinya di akhir musim nanti adalah waktu yang tepat baginya untuk hengkang dari Stamford Bridge, apalagi kontraknya hanya tersisa satu musim dan dirinya jadi incaran utama ​Real Madrid.

Berpeluang bermain di bawah arahan pemain idolanya, Zinedine Zidane,​ Hazard pun bisa menasbihkan diri sebagai salah satu pemain terbaik di dunia sekaligus memenangkan trofi yang sudah menjadi targetnya sejak lama, ​Champions League.

 

Sumber: Bola.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.