Sukses

Kaleidoskop Olahraga Nasional 2018: Asian Games Bersejarah

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2018 sudah mendekati akhir. Dalam kaleidoskop olahraga nasional, sepanjang 2018, Indonesia banyak mendapat catatan positif mulai Januari hingga Desember.

Puncaknya tentu ada di bulan Agustus 2018. Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games, ajang olahraga multicabang terbesar di dunia setelah Olimpiade.

Tak sekadar menjadi tuan tumah, Indonesia juga mencatatkan prestasi sempurna. Kontingen Tim Merah Putih finis di posisi keempat dengan koleksi 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Hasil ini menjadi pencapaian tertinggi Tim Merah Putih selama ikut serta di Asian Games.

Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang berada di peringkat 10 besar. Hasil ini melibihi target yang dibebankan pemerintah melalui Kemenpora, yakni 16 medali emas.

Berikut rangkuman peristiwa olahraga nasional sepanjang tahun 2018 yang dirangkum dalam sebuah kaleidoskop.

2 dari 7 halaman

Januari-Februari

Januari

Prestasi olahraga nasional diawali dari dunia badminton. Indonesia memborong dua gelar di Indonesia Master yang berlangsung pada 23 hingga 28 Januari 2018.

Gelar pertama diraih Anthony Sinisuka Ginting. Dia berhasil mengalahkan tunggal andalan Jepang, Kazumasa Sakai dalam pertarungan dua set, 21-13 dan 21-12.

Gelar kedua di Indonesia Masters 2018 diraih ganda terbaik dunia Marcus Gideon/Kevin Sanjaya. Mereka mengalahkan ganda Tiongkok, Li Junhui/Liu Yuchen dalam pertarungan tiga set 11-21, 21-10, dan 21-16.

Februari

Persija Jakarta menjadi kampiun Piala Presiden 2018. Ajang ini diselenggarakan pada 16 Januari hingga 17 Februari 2018.

Di partai final, yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Persija mengalahkan Bali United dengan skor telak 3-0. Bahkan, striker Persija, Marko Simic terpilih sebagai pemain terbaik dan top scorer Piala Presiden 2018 dengan 11 gol.

3 dari 7 halaman

Maret-April

Maret

Liga 1 2018 akhirnya digulirkan pada 23 Maret setelah melewati beberapa kali penundaan. Dimulainya Liga 1 ditandai dengan meriahnya Piala Presiden yang dimenangkan Persija pada laga pramusim.

Liga 1 dibuka dengan laga Bhayangkara FC sebagai juara bertahan Liga 1 2017 melawan Persija yang baru saja memenangkan Piala Presiden. Laga digelar di SUGBK, meski bukan kandang Bhayangkara FC.

April

PSSI menggelar anniversary cup dalam rangka ulang tahun mereka ke-88. Ada tiga negara yang lain yaitu Uzbekistan, Bahrain dan Korea Utara.

Indonesia diwakili Timnas U-23 pada turnamen yang dimulai 27 April dan berakhir 2 Mei itu. Namun sayangnya, Indonesia gagal mencetak sebiji gol pun di turnamen yang dijuarai Bahrain ini.

4 dari 7 halaman

Mei-Juni

Mei

Di bulan Mei 2018, sorotan pencinta olahraga nasional tertuju pada ajang Piala Thomas dan Uber 2018. Kejuaraan dunia beregu bulutangkis ini digelar di Bangkok, Thailand pada 20-27 Mei 2018.

Indonesia tampil menjanjikan di fase grup Piala Thomas 2018. Kevin Sanjaya dan kawan-kawan selalu menang dari tiga pertandingan melawan Korea Selatan, Thailand dan Kanada. Di babak pertempat final, Indonesia menyisihkan Malaysia 3-1.

Sayangnya perjuangan Indonesia di Piala Thomas 2018 harus terhenti di semifinal. Menghadapi Tiongkok, Indonesia menyerah 1-3. Tiongkok akhirnya yang menjadi juara Piala Thomas usai mengalahkan Jepang di final 3-1.

Adapun di Piala Uber 2018, Indonesia harus terhenti di babak perempat final. Setelah menjadi runner-up di fase grup, Indonesia dihentikan tuan rumah Thailand usai kalah 2-3. Jepang yang menjadi juara Piala Uber 2018. Di final, Jepang menekuk Thailand 3-0

Juni

Memasuki bulan Juni, sorotan tertuju ke Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Ada super big match yang dinanti-nantikan pencinta bola tanah air di bulan Juni ini yakni Persija Jakarta melawan Persib Bandung pada 30 Juni 2018.

Duel Persija vs Persib ini seharusnya digelar bulan April. Setelah terjadi tarik ulur, laga Persija vs Persib akhirnya jadi digelar di Stadion PIK, Blok M, Jakarta Selatan. Polda Metro Jaya tidak memberi izin pertandingan Persija vs Persib digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Bermain di Stadion PIK, Persija Jakarta berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Persib, gol tunggal Persija dicetak pemain belakang Jaimerson Xavier.

5 dari 7 halaman

Juli-Agustus

Juli

Indonesia Open digelar di Jakarta pada 3 Juli hingga 8 Juli 2018. Event ini digelar di Istora Senayan yang baru selesai direnovasi.

Hasilnya sungguh memuaskan pecinta bulu tangkis tanah air. Pasalnya Tim Merah Putih meraih gelar untuk nomor ganda campuran dan ganda putra.

Agustus

Agustus menjadi bulan terbesar bagi dunia olahraga tanah air. Pasalnya, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang digelar di dua kota, Jakarta dan Palembang.

Selain sukses penyelenggaraan, Indonesia juga mampu mencatatkan prestasi bagus. Tim Merah Putih finis di posisi keempat pada klasemen akhir dengan koleksi 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

6 dari 7 halaman

September-Oktober

September

September 2018 menjadi momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, Indonesia berhasil menyelenggarakan Asian Games 2018 dengan sukses di Jakarta- Palembang. Bukan cuma sukses penyelenggaraan, Indonesia juga berhasil dalam raihan medali. Setelah pembukaan yang mengundang decak kagum, para atlet Indonesia juga tampil maksimal di Asian Games 2018.

Kontingen Indonesia mengakhiri Asian Games 2018 di urutan keempat dengan raihan 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu. Sumbangan medali paling banyak datang dari cabang pencak silat yakni 14 medali emas, dan 1 perunggu.

Oktober

Kesuksesan di Asian Games berlanjut di Asian Para Games yang berlangsung pada 6 Oktober hingga 13 Oktober 2018. Total, ada 37 medali emas, 47 medali perak, dan 51 medali perunggu yang dipersembahkan kontingen Indonesia di Asian Para Games.

Capaian itu melampaui target yang diberikan pemerintah yakni masuk delapan besar dengan minimal 16 medali emas. Tiongkok menjadi juara umum dengan total 319 medali, melanjutkan kesuksesan mereka yang juga juara umum di Asian Games 2018.

7 dari 7 halaman

November-Desember

November

November menjadi bulan sedih bagi sepak bola nasional Indonesia. Timnas Indonesia di bawah asuhan Bima Sakti tak berdaya di Piala AFF 2018. Mereka sudah tersingkir di fase grup.

Dari empat pertandingan di grup, Timnas Indonesia hanya sekali menang 3-1 atas Timor Leste. Di luar itu, Hansamu Yama dan kawan-kawan kalah dari Singapura (0-1) dan Thailand (2-4), plus imbang 0-0 lawan Filipina.

Desember

Persija Jakarta akhirnya mewujudkan ambisinya jadi yang terbaik di sepak bola Indonesia. Tim kebanggaan ibu kota ini tampil menjadi juara Liga 1 2018 usai di laga terakhir mengalahkan Mitra Kukar 2-1.

Total, Persija mengumpulkan 62 poin dari 34 pertandingan. Mereka unggul satu poin dari PSM Makassar yang berada di posisi kedua klasemen akhir Liga 1.

Loading