Sukses

Prediksi Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang, Sabtu 8 Desember 2018

Liputan6.com, Jakarta Pekan ke-34 Liga 1 pada Sabtu (8/12/2018) akan mempertemukan Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang. Persebaya akan menutup kiprah di Liga 1 2018 dengan menjamu PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Sebelumnya, pertandingan Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang ini sempat diwacanakan akan diundur. Namun, dalam jadwal yang diterbitkan PT Liga Indonesia Baru (LIB), pertandingan Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang hanya mengalami perubahan jam kick off. Yakni pukul 18.30 WIB dari semula pukul 15.30 WIB.

Namun, pihak Polrestabes Surabaya tidak memberikan izin keamanan jika digelar pada malam hari. Rekomendasi dari Polrestabes Surabaya akhirnya didapat dengan menggelar pertandingan itu pada sore di hari yang sama. Alhasil, pertandingan dilangsungkan pada sore hari yang sebenarnya sudah sesuai dengan jadwal awal.

Sementara, duel ini sudah tidak banyak menentukan terhadap hasil akhir bagi Persebaya dan PSIS, kecuali peringkat di klasemen akhir. Kedua tim sudah sama-sama memastikan tidak juara sekaligus tidak terdegradasi.

Hingga pekan ke-33 Liga 1 2018, Persebaya Surabaya berada di posisi keenam klasemen sementara dengan 47 poin. Poin Persebaya Surabaya hanya selisih satu poin saja dibanding PSIS Semarang. PSIS Semarang sendiri berada di posisi ke kesembilan. Berikut Liputan6.com rangkum prediksi laga Persebaya vs PSIS Semarang, Jumat (07/12/2018). 

2 dari 6 halaman

Persebaya Surabaya bertekad menang

Duel Persebaya vs PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabya nanti memang tidak membawa banyak pengaruh karena kedua tim sama-sama sudah tidak mungkin juara atau terdegradasi. Kendati demikian, Persebaya Surabaya tidak akan menyia-nyiakan pertandingan melawan PSIS Semarang pada laga pamungkas Liga 1. Klub berjuluk Green Force ini bertekad menutup kompetisi dengan kemenangan.

Menurut pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman pihaknya akan berupaya untuk tetap mempertahankan posisi di klasemen. Persebaya tak ingin terlempar dari posisi enam besar. Sehingga dalam laga melawan Laskar Mahesa Jenar, mereka bakal tetap bermain serius demi mengejar tiga poin dan tidak mau kehilangan angka.

Apalagi Persebaya juga akan bermain di kandangnya sendiri, mereka tidak ingin mengecewakan para pendukungnya. Sehingga mau tidak mau, kesempatan tersebut harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Sayangnya, dalam laga ini Persebaya Surabaya dipastikan kehilangan dua pemain utamanya. Yaitu pemain penyerang Osvaldo Haay dan bek tengah Fandry Imbiri. Valdo harus absen karena akumulasi kartu, sedangkan Fandry ijin pulang ke Papua karena saudaranya sakit keras.

Di sisi lain, pada laga Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang nanti, Green Force kembali diperkuat Oktafianus Fernando yang sebelumnya absen lawan PSMS Medan lantaran akumulasi kartu. Sedangkan, kapten Rendi Irwan yang mengalami cedera dipastikan dapat bermain.

Kemenangan atas PSIS Semarang nantinya juga bakal menaikkan moral pemain setelah sempat dihajar 0-4 oleh PSMS Medan pada pekan lalu (1/12/2018).

Selain bertanding di LIga 1 2018, Persebaya masih memiliki agenda pada pertengahan 17 Desember, yakni laga Piala Indonesia 2018 kontra PSKT Sumbawa Barat.

3 dari 6 halaman

PSIS Semarang kehilangan beberapa pemain

PSIS Semarang dipastikan akan kehilangan Ibrahim Conteh karena hukuman Komisi Disiplin PSSI (Komdis) saat bertandang ke markas Persebaya Surabaya di pekan ke-34 Liga 1 akhir pekan ini. Selain itu, masalah kontrak Petar Planic juga membayangi PSIS Semarang. Hal ini terkait kontrak bek asal Serbia tersebut yang selesai pada Jumat (7/12/2018).

Ditengah situasi yang tak menentu, PSIS Semarang masih akan diperkuat oleh Bruno Silva. Bomber asal Brasil tersebut dipercaya bisa mengancam gawang Persebaya. Selain itu, ada juga pemain sayap PSIS yang wajib diwaspadai Persebaya. Posisi tersebut biasanya ditempati Hari Nur Yulianto, Komarudin, Frendi Saputra dan Bayu Nugroho.

4 dari 6 halaman

Kilas balik pertemuan Persebaya dan PSIS Semarang

Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang memiliki rekor yang biasa-biasa saja ketika bertemu. Merunut rekam jejaknya, Persebaya dan PSIS hanya lima kali bertemu sejak 2004 hingga 2018. Dari lima pertemuan itu, head to head kedua kesebelasan cenderung berimbang.

Dalam kurun waktu 14 tahun terakhir, Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang sama-sama pernah menang dua kali dan imbang sekali. Persebaya dua kali mengalahkan PSIS. Pertama pada kompetisi Divisi Utama 2004 silam. Pada saat itu Persebaya menang tiga gol tanpa balas atas Laskar Mahesa Jenar. Persebaya kemudian menjadi juara Divisi Utama 2004.

Kemenangan kedua diraih pada kompetisi Liga 2 2017 kemarin. Pada saat itu gol kemenangan yang dicetak Irfan Jaya, berhasil membawa Persebaya menaklukkan PSIS dengan skor 1-0. Dari hasil laga tersebut, Persebaya keluar sebagai juara Liga 2 2017.

Sedangkan pada babak delapan besar Divisi Utama 2005 PSIS berhasil menaklukan Persebaya 1-0. PSIS juga berhasil memboyong kemenangan dengan skor 0-1 pada putaran pertama Liga 1 2018.

Selain itu, Persebaya dan PSIS Semarang memiliki catatan pertemuan yang apik pada musim lalu. Keduanya mengawali musim 2017 dengan mengadakan laga persahabatan bertajuk Homecoming Game pada 19 Maret.

Pertandingan tersebut digelar untuk memperingati kembali Persebaya di kompetisi nasional setelah diakui oleh PSSI pada awal 2017. Kedua tim kemudian berjumpa kembali di Liga 2 2017 dan berhasil sama-sama promosi ke Liga 1 musim ini.

Kilas Balik Pertandingan Persebaya vs PSIS:

22/07/18 PSIS 1-0 Persebaya

15/11/17 PSIS 0-1 Persebaya

18/09/05 Persebaya 0-1 PSIS

04/08/04 Persebaya 3-0 PSIS

21/01/04 PSIS 0-0 Persebaya

5 dari 6 halaman

Rekam jejak Performa Persebaya Surabaya dan PSIS Semarang di Liga 1 2018

Persebaya Surabaya memiliki catatan cukup memuaskan dari lima pertandingan sebelumnya. Persebaya Surabaya, telah mengoleksi 4 kemenangan dan telah menelan satu kali kalah.

Persebaya saat ini menduduki peringkat 6 klasemen sementara Liga 1. Dalam 33 pertandingan, Persebaya berhasil mengoleksi 13 menang, 8 imbang dan 12 kali kalah.

PSIS Semarang sendiri, memiliki bekal bagus setelah sukses menundukkan perlawanan dari Persipura dengan sekor tipis 2-1. Dengan kemenangan ini, PSIS Semarang cukup percaya diri untuk bisa memberikan perlawanan kepada tuan rumah demi mencuri 3 poin.

Berada di peringkat 9 klasemen sementara Liga 1, dalam 33 pertandingan PSIS berhasil mengoleksi 13 kemenangan dan 13 kalah serta 7 kali imbang.

6 dari 6 halaman

Lima laga terakhir Persebaya Surabaya:

Minggu 04/11/18 LI1 Persebaya Surabaya 3 – 0 Persija

Sabtu 10/11/18 LI1 Persebaya Surabaya 3 – 0 PSM

Minggu 18/11/18 LI1 Bali United 2 – 5 Persebaya Surabaya

Senin 26/11/18 LI1 Persebaya Surabaya 1 – 0 Bhayangkara

Sabtu 01/12/18 LI1 PSMS 4 – 0 Persebaya Surabaya

 

Lima laga terakhir PSIS Semarang:

Sabtu 10/11/18 LI1 Borneo 2 – 1 PSIS SemarangMin 18/11/18 LI1 PSIS Semarang 3 – 0 Persib

Kamis 22/11/18 PII Persijap 0 – 1 PSIS Semarang

Senin 26/11/18 LI1 Madura United 2 – 2 PSIS Semarang

Sabtu 01/12/18 LI1 PSIS Semarang 2 – 1 Persipura

 

Prediksi Susunan Pemain Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang

Persebaya Surabaya: M. Saputra, Otavio, R. Sanadi, M. Syaifuddin, F. Imbiri, R. Saputra, F. Utomo, O. Haay, M. Solikin, David Silva, I. Jaya

Pelatih: D. Nurdjaman

 

PSIS Semarang:J. Ribowo, P. Planic, G. Ginarsa, Komarudin, F. Saputra, M. Saptura, N. Alom. M. Yunus, Bruno Silva, B. Nugroho, H. Yulianto

Pelatih: J. Sastra

Selebrasi Juara Liga 1 2018 Persija Jakarta

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Tatap Musim Depan, Persebaya Siap Berburu Pemain
Artikel Selanjutnya
Tampil Cemerlang, Bek Persebaya Diincar Klub Thailand