Sukses

Seedorf: MU Masih Transisi

Seedorf meyakini Jose Mourinho bakal kembali membawa MU berjaya di Liga Inggris dan kompetisi lainnya.

Liputan6.com, Manchester - Legenda timnas Belanda, Clarence Seedorf turut memperhatikan kiprah Manchester United (MU) di era Jose Mourinho. Dia mengatakan, MU masih dalam fase transisi dan harus sabar menanti hasil dari Mourinho.

Pemain yang belum pernah main di Liga Inggris ini meyakini Mourinho bisa mengembalikkan kejayaan MU. Yang dibutuhkan saat ini, kata dia, hanya kesabaran.

Saat ini MU harus puas menduduki peringkat kedelapan klasemen sementara Premier League 2018/19, selisih 12 poin dari Man City di puncak klasemen. Selisih gol MU juga minus 1, rekor terburuk sejak 1977/78 dalam 12 pertandingan.

Kendati demikian, Seedorf tetap mendukung Mourinho. Dia menilai masalah MU memang sangat sulit dan lebih besar daripada yang terlihat, MU masih belum benar-benar pulih pasca kepergian Sir Alex Ferguson pada 2013 lalu.

Hal inilah yang membuatnya menyarankan pihak klub lebih bersabar menunggu hasil kerja keras Mourinho.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Transisi

Menurut Seedorf, pasca kepergian Ferguson, MU tenggalam dalam masa transisi yang masih terus berlanjut hingga saat ini. Transisi itu sulit dan butuh waktu lama untuk benar-benar membentuk MU yang baru.

"Setelah [kepergian] Ferguson, semuanya sulit. MU masih berada dalam fase transisi, dan tidak hanya Ferguson tetapi juga pemain-pemain yang dia miliki," ungkap Seedor di Sky Sports.

"Tim terakhir yang terdiri dari [Paul] Scholes, [Ryan] Giggs dan [Wayne] Rooney sudah gugur, mereka adalah bagian dari klub yang jadi jantung permainan tim. Untuk menggantikan pemain-pemain seperti itu, anda butuh kesabaran."

"Hal ini tak hanya terjadi pada MU, saat ini juga sedang terjadi pada AC Milan tetapi mereka harus terus bekerja keras. Saya pikir mereka memiliki semua kemampuan untuk tetap bersaing," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Rekor Mourinho

Lebih lanjut, Seedorf juga tak meragukan kualitas Mourinho sebagai pelatih yang tepat untuk MU. Menurutnya, rekam jejak Mourinho sudah cukup jadi bukti yang kuat kehebatan pelatih tersebut.

"Dia [Mourinho] jelas memiliki rekam jejak yang menarik. Sekarang tergantung pada klub dan dirinya untuk menyadari apakah manajemennya masih berdampak dan apakah dia bisa membalikkan banyak hal."

"Dia jelas memiliki kapasitas untuk melakukan itu - saya pikir kita tak perlu mendiskusikan kualitas Mourinho tetapi terkadang beberapa hal yang tak bisa bekerja dengan baik dan itu bisa jadi alasan utama untuk berhenti bekerja," tandas Seedorf.

Sumber: Bola.net

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Clarence Clyde Seedorf atau lebih akrab disapa Clarence Seedorf adalah seorang pesepak bola asal Belanda.
    Clarence Clyde Seedorf atau lebih akrab disapa Clarence Seedorf adalah seorang pesepak bola asal Belanda.

    Clarence Seedorf

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Bola.net