Sukses

Profil Tim Piala AFF 2018: Tugas Berat Menanti Thailand

Thailand tak diperkuat banyak pemain inti di Piala AFF 2018.

Liputan6.com, Jakarta Thailand akan datang ke Piala AFF 2018 dengan menyandang status sebagai juara bertahan. Masalahnya, mereka dipastikan tak akan mendapat kemudahan dalam upaya mempertahankan gelar. Itu karena lawan-lawan yang mereka hadapi juga bertambah kuat.

Tak akan ada yang membantah jika menyebut Thailand sebagai kandidat kuat juara Piala AFF 2018. Mereka jadi tim yang begitu sulit dihentikan, khususnya dalam dua edisi terakhir di mana mereka selalu tampil sebagai juara.

Kesuksesan mereka menjuarai dua edisi terakhir membuat Thailand jadi tim penguasa Piala AFF karena memiliki jumlah gelar terbanyak, yakni lima kali. Pesaing terdekat mereka adalah Singapura yang sudah mengoleksi empat gelar.

Indonesia adalah salah satu tim yang kerap merasakan kehebatan Thailand secara langsung di Piala AFF 2018. Salah satunya adalah di final edisi 2016. Meski menang 2-1 pada leg pertama di Stadion Pakansari, Indonesia harus mengaku kalah usai dibungkam Thailand 2-0 pada leg kedua di Rajamangala Stadium.

Meski masih jadi tim yang difavoritkan, tugas tim berjuluk The War Elephants itu untuk mempertahankan gelar di Piala AFF 2018 dipastikan tidak akan mudah. Masalah pertama yang harus mereka hadapi adalah ketidakhadiran para pemain yang selama ini jadi tulang punggung tim senior.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tetap Percaya Diri

Keempat pemain tersebut adalah Chanatip Songkrasin, Teerasil Dangda, Theerathon Bunmathan, dan Kawin Thamsatchanan. Padahal, dalam beberapa tahun terakhir mereka telah menjadi inti dari permainan hebat Thailand.

Alasan ketidakhadiran mereka adalah karena Piala AFF 2018 tidak masuk dalam kalender FIFA. Kebetulan, keempatnya bermain di klub Jepang dan Belgia yang tidak mau melepas pemainnya jika bukan untuk berlaga di pertandingan yang masuk kalender FIFA.

Ketidakhadiran mereka memang jadi kehilangan besar bagi Thailand. Tapi, masalah ini sudah diketahui pelatih Milovan Rajevac sejak awal melakukan persiapan. Dan Thailand tetap memiliki banyak pemain hebat untuk menggantikan peran mereka.

"Tanpa mereka, kami masih favorit dan saya percaya kepada para pemain lainnya. Mereka akan termotivasi karena jika tampil baik, mereka bisa menjadi bagian dari tim untuk Piala Asia," kata Rajevac, dikutip situs AFF.

"Kami mencoba mengembangkan setiap aspek dari permainan kami dan di sepak bola modern, yang terpenting adalah bisa bermain sama baiknya saat menyerang dan bertahan," ujar Rajevac.

Saat ini, ada 27 pemain yang sedang mengikuti pemusatan latihan (TC) Thailand menuju Piala AFF 2018. Dan memang benar, sebagian besar pemain yang dipanggil belum memiliki pengalaman bermain di Piala AFF. Namun, minimnya pengalaman bukan berarti mereka bisa mudah dikalahkan.

 

3 dari 5 halaman

Motivasi Lawan

Meski begitu, Thailand tetaplah harus serius mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pasalnya, lawan-lawan yang akan mereka hadapi di Grup B Piala AFF 2018 juga bukan lawan enteng. Tanpa mengecilkan peluang Timor Leste serta Singapura, Indonesia dan Filipina jelas akan jadi rival terkuat mereka.

Indonesia dan Filipina bertekad untuk melaju ke semifinal. Mereka pun sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan membawa pemain-pemain hebat. Untuk Filipina, keseriusan mereka terbukti dari kehadiran Sven-Goran Eriksson. Mereka juga memiliki kepercayaan diri usai dipastikan lolos ke Piala Asia 2019.

Untung bagi Thailand, mereka pun hanya mendapat jadwal satu kali bermain di laga tandang. Dengan format baru, setiap tim memang mendapatkan jatah masing-masing dua laga kandang dan tandang. Khusus untuk Thailand, mereka yang seharusnya main sebagai tim tamu saat melawan Timor Leste justru akan tampil di Rajamangala Stadium.

 

4 dari 5 halaman

Profil Timnas Thailand

Julukan: The War Elephants

Konfederasi: AFC (Asia)

Pelatih: Milovan Rajevac

Kapten: Chalempong Kerdkaew

Caps terbanyak: Kiatisuk Senamuang

Top scorer: Kiatisuk Senamuang

Stadion: Rajamangala Stadium

Ranking FIFA: 121

27 Pemain Thailand Menuju Piala AFF 2018

Kiper: Siwarak Tedsungnoen, Chatchai Budprom, Saranon Anuin, Kwanchai Suklom

Belakang: Pansa Hemviboon, Chalermpong Kerdkaew, Philip Roller, Korrakot Wiriyaudomsiri, Manuel Bihr, Mika Chunuonsee, Suphan Thongsong, Kevin Deeromram, Marco Ballini

Tengah: Pokklaw Anan, Tanaboon Kesarat, Sanrawat Dechmitr, Thitipan Puangchan, Sumanya Purusai, Nurul Sriyankem, Pakorn Prempak, Sasalak Haiprakhon, Anon Amorlerdsak, Ratthanakorn Maikami

Depan: Mongkol Tossakrai, Adisak Kraisorn, Chananan Pombuppha, Supchai Jaided

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Thailand

09 November 2018: Timor Leste vs Thailand

17 November 2018: Thailand vs Indonesia

21 November 2018: Filipina vs Thailand

25 November 2018: Thailand vs Singapura

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.