Sukses

Pelari Kenya Juarai Jakarta Marathon 2018

Agus Prayogo juga tampil sebagai pemenang dalam kategori Indonesia putra nomor Full Marathon

Liputan6.com, Jakarta Ajang Jakarta Marathon 2018 yang dimulai di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (28/10/2018). telah berakhir. Bernard Mwendia Muthoni, pelari asal Kenya, tampil sebagai yang tercepat dalam kategori open putra.

Mwendia memulai aksinya dalam Jakarta Marathon 2018 pada pukul 04.30,51 WIB. Ia menyelesaikan perlombaan dalam waktu 2 jam 19,27 menit. Ia hanya unggul tipis atas Peter Kipleting Keter yang menyelesaikan perlombaan dengan waktu 2 jam 20,32 menit.

"Ini kali kedua saya ikut lari Maraton. Tahun lalu saya ikut yang Half Marathon dan menang. Saya memilih Full Marathon karena sebelumnya saya menang di Surabaya. Secara keseluruhan, rute kali ini cukup baik," kata Mwendia saat ditemui usai penerimaan hadiah.

Perlombaan Jakarta Marathon 2018 itu sendiri dibuka Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis dan Chairman Jakarta Marathon Sapta Nirwandar. Total ada 12.000 peserta yang terlibat dalam Jakarta Marathon 2018.

Ada banyak pelari dari berbagai negara yang terlibat dalam Jakarta Marathon 2018. Mulai dari Malaysia, India, Hungaria, Prancis, Polandia, Kenya, Uganda, Brazil, dan Jepang sebagai pengirim terbanyak peserta, yakni 427 pelari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makin Antusias

Total hadiah yang diperebutkan para peserta mencapai Rp 1,8 miliar. Peningkatan jumlah hadiah itu tak lepas dari dukungan PT PLN (Persero) dalam ajang yang bertajuk Energi Optimisme itu. Jelang start, Joni Gala yang sempat viral karena aksinya memanjat tiang bendera di Nusa Tenggara Timur mendapat kesempatan untuk menyanyikan Indonesia Raya jelang start.

Untuk Jakarta Marathon kategori lokal putra, Agus Prayogo tampil sebagai pemenang. Ia menyelesaikan perlombaan dengan waktu 2 jam 37,12 menit. Ia lebih cepat dari Rudi Febriade (2 jam 37,16 menit) dan Yahuza (2 jam 37,53 menit.

"Saya sangat senang bisa menjuarai event kali ini, khususnya di kategori maraton. Ini adalah kedua kalinya saya menjuarai Jakarta Marathon. Mudah-mudahan antusias masyarakat Indonesia dan di luar negeri makin baik ke depannya," ujar Agus.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Pemenang Jakarta Marathon 2018

Full Marathon

Open: Bernard Mwendia Muthoni (putra), Chesang Sheila Jepkosgei (putri)

Indonesia: Agus Prayogo (putra), Olivia Sadi (putri)

Master 40+: Ferry Junaedi (putra), Helda Napitupulu (putri)

Half Marathon

Open: Kennedy Kipro Lilan (putra), Peninah Jepkoech Kigen (putri)

Indonesia: Wiryawanjaya Subangkit (putra), Odekta Vina (putri)

5 KM

Indonesia: Salin Alim (putra), Dewiariani (putri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.