Sukses

Ronaldo Hengkang, Markas Real Madrid Sepi Penonton

Real Madrid Vs Getafe jadi laga dengan jumlah penonton terendah di Santiago Bernabeu dalam 10 tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Jumlah penonton yang hadir di Santiago Bernabeu menurun drastis. Bahkan saat Real Madrid menjamu Getafe, 19 Agustus lalu, jumlahnya bahkan tidak sampai 50 ribu orang. 

Menurut AS, penonton yang hadir saat Real Madrid mengalahkan Getafe 2-0 hanya 48,446 orang. Padahal kapasitas Santiago Bernabeu mampu menampung hingga 81.044 penonton. Ini berarti, jumlah penonton saat laga tersebut tidak sampai 60 persen dari total bangku.

Angkah merupakan jumlah penonton terendah Santiago Bernabeu dalam 10 tahun terakhir. Rekor terendah sebelumnya terjadi saat Real Madrid menjamu Mallorca pada 24 Mei 2009. Saat itu, jumlah penonton yang memadati Santiago Bernabeu hanya mencapai  44,270.

Bagi Real Madrid, angka ini sangat jarang terjadi. Bahkan pada laga perdana Real Madrid musim lalu, jumlah penonton di Santiago Bernabeu masih mencapai 61.739 orang.

Lalu apa penyebabnya? Sejauh ini, memang belum diketahui secara pasti. Namun kualitas lawan, Getafe, yang bukan berstatus tim unggulan di La Liga ditengarai jadi penyebabnya. 

Selain itu, jadwal kick off  pertandingan yang bergeser ke pukul 22.15 waktu setempat juga dianggap ikut mempengaruhi minat penonton yang datang ke Bernabeu. Sebab tidak banyak warga Spanyol yang suka tidur malam, terutama saat liburan musim panas tiba. Orang tua juga tidak mengizinkan anaknya datang menonton karena bakal tidur di atas pukul 01.00. 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepergian Ronaldo

Selain kedua faktor di atas, kepindahan Ronaldo juga dianggap ikut mempengaruhi minat orang-orang ke Santiago Bernabeu. Pemain asal Portugal itu memang sudah tidak berkostum Los Blancos karena memutuskan pindah ke Juventus pada musim ini. 

Sebelumnya, kehadiran Ronaldo menjadi magnet bagi Santiago Bernabeu. Tidak hanya para pendukung Real Madrid, turis yang kebetulan berada di Spanyol juga tidak jarang datang ke Santiago Bernabeu hanya untuk melihat mantan pemain Manchester United (MU) tersebut. 

Meski demikian, sepinya penonton di Santiago Bernabeu diyakini bakal berakhir. Apalagi liburan musim panas usai. Para suporter Real Madrid bakal kembali memadati Bernabeu.  

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.