Sukses

Barcelona Lebih Kuat Tanpa Neymar

Barcelona ditinggal Neymar musim panas lalu.

Liputan6.com, Barcelona- Walau sempat menyesali kepergian Neymar, penyerang Barcelona Lionel Messi kini sudah bisa move-on. Messi melihat Barcelona malah mendapat keuntungan dari kepergian pemain asal Brasil tersebut. 

Neymar pada bursa transfer musim panas lalu meninggalkan Barcelona guna bergabung dengan Paris Saint Germain. Neymar memecahkan rekor transfer termahal di dunia senilai 222 juta euro.

Kepergian Neymar awalnya membuat prestasi Barcelona diprediksi banyak kalangan akan menurun. Namun pelatih baru Ernesto Valverde malah mampu menyulap Barcelona menjadi kekuatan menakutkan.

Dengan kepergian Neymar, Valverde terpaksa mengubah formasi menjadi 4-4-2. Langkah ini terbukti jitu. Barcelona kokoh di puncak klasemen Liga Spanyol. Mereka belum tersentuh kekalahan sama sekali.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stabil

Lionel Messi (AP)Melihat tranformasi yang dilakukan Valverde, Messi menilai Barcelona jauh lebih kuat tanpa kehadiran seorang Neymar.

"Tanpa Neymar, kami lebih seimbang. Kepergiannya berarti sebuah perubahan dalam cara bermain kami, kami kehilangan banyak potensi penyerangan tapi itu membantu dalam arti defensif," kata Messi kepada World Soccer.

3 dari 3 halaman

Pertahanan Terbaik

"Kami saat ini sangat kuat di tengah, ini membuat kami lebih kuat di pertahanan," tegas Messi.

Pertahanan Barcelona musim ini memang sangat tangguh. Mereka menjadi tim yang paling sedikit kemasukkan di La Liga. Hanya sembilan gol yang bersarang ke gawang Barcelona dalam 20 laga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona
    Lionel Messi adalah pemain sepak bola berbakat asal Argentina yang tergabung dalam klub Barcelona

    Lionel Messi

  • Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.
    Neymar da Silva Santos Júnior adalah pesepak bola profesional Brazil yang bermain di klub Spanyol FC Barcelona dan tim nasional Brazil.

    Neymar Jr