Sukses

5 Klub yang Bisa Tampung Wenger Jika Tinggalkan Arsenal

Arsene Wenger berkali-kali telah menyatakan keinginannya bertahan di Arsenal. Namun beberapa kelompok suporter Arsenal ingin Wenger hengkang

Liputan6.com, Jakarta - Arsene Wenger berkali-kali telah menyatakan keinginannya bertahan di Arsenal. Namun beberapa kelompok suporter Arsenal menegaskan kalau Wenger seharusnya hengkang.

Kontrak manajer asal Prancis tersebut bakal habis di akhir musim ini. Manajemen Arsenal kabarnya sudah menawarkan dua musim kontrak bagi Wenger.

Namun demikian, desakan hengkang dari suporter bisa saja memengaruhi pikiran Wenger. Jika ia tetap di Arsenal, bukan tidak mungkin stabilitas klub bakal terganggu lantaran desakan fans tersebut.

Desakan angkat kaki untuk Wenger semakin mengemuka setelah kekalahan telak 1-5 dari Bayern Muenchen di perempat final Liga Champions, dua pekan lalu. Wenger dianggap sudah tak mampu lagi mengangkat prestasi Arsenal.

Terlepas dari hal tersebut, kharisma dan reputasinya sebagai salah satu manajer terbaik membuat Wenger tak perlu gusar. Lima klub di bawah ini bisa menjadi klub baru Arsenal andai ia mengakhiri masa baktinya di Arsenal

Seperti dilansir Sportskeeda, berikut lima klub tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Paris Saint Germain (PSG)

PSG sebetulnya sudah lama diisukan mengincar tanda tangan Wenger. Namun Wenger disebut selalu menolak tawaran PSG.

Wenger sendiri punya hubungan dekat dengan pemilik PSG, Nasser Al-Khelaifi. The Professor merupakan komentator di stasiun tv milik Khelaifi, BeIN Sport.

PSG saat ini dilatih oleh pelatih asal Spanyol, Unai Emery. Mantan pelatih Sevilla tersebut didapuk jadi pelatih PSG di awal musim ini.

Sejauh ini, kinerja Emery boleh dibilang cukup bagus. PSG kemungkinan besar melangkah ke perempat final Liga Champions, usai melibas Barcelona 4-0 di leg pertama Babak 16 Besar.

Namun di Ligue 1 Prancis, PSG masih tertinggal 3 poin dari AS Monaco yang memimpin klasemen.

3 dari 6 halaman

2. AS Monaco

Monaco adalah klub yang tidak bisa dilepaskan dari perjalanan karier Wenger sebagai manajer. Di klub inilah, ia pertama kali mengecap sukses.

Wenger pernah melatih Monaco dari 1987 hingga 1994. Ia mempersembahkan satu trofi Ligue 1 Prancis di musim 1987/88, dan Piala Prancis 1990/91.

Saat meraih juara, Wenger juga membawa pemain berkualitas ke Monaco antara lain George Weah, Jurgen Klinsmann, dan Glenn Hoddle. Di masa Wenger pula, sejumlah pemain menjelma menjadi pemain bintang antara lain Lilian Thuram dan Thierry Henry.

Di samping sisi historis, Monaco punya daya tarik bagi Wenger yaitu pembinaan usia muda yang bagus. Bukan rahasia lagi kalau Wenger adalah manajer yang doyan menggunakan jasa pemain muda.

4 dari 6 halaman

3. Borussia Dortmund

Pada tahun 2014, Arsene Wenger pernah mengungkapkan keinginannya untuk melatih di Jerman. "Jerman adalah pilihan karena saya puna sedikit kultur Jerman dan saya sebelumnya tak pernah bekerja di sana," kata Wenger.

Wenger sendiri lahir di daerah Alsace. Daerah tersebut terletak di perbatasan Jerman-Prancis. Oleh karena itu, Wenger pun fasih berbicara Bahasa Jerman selain tentu Bahasa Prancis.

Borussia Dortmund saat ini berada di bawah asuhan Thomas Tuchel. Die Borussien tertinggal jauh 15 poin dari pemuncak klasemen sementara, Bayern Muenchen.

Marco Reus dan kawan-kawan saat ini berada di peringkat ke-4. Bukan tidak mungkin, Wenger bisa menggantikan Tuchel andai Dortmund gagal ke Liga Champions musim depan.

5 dari 6 halaman

4. Klub di Liga Super Tiongkok

Liga Super Tiongkok belakangan ini terus diperbincangkan. Hal tersebut terjadi setelah klub-klub Tiongkok memboyong sejumlah pemain bintang untuk merumput di Liga Super Tiongkok.

Selain pemain, klub-klub Liga Super Tiongkok juga telah merekrut sejumlah pelatih beken. Dimulai dari Marcelo Lippi, kini Liga Super Tiongkok dihuni oleh setidaknya tiga pelatih beken: Andre Villas Boas, Manuel Pellegrini, dan Luiz Felipe Scolari.

Wenger sejatinya telah berpengalaman menukangi klub dari Asia. Usai melatih Monaco, Wenger hengkang ke Jepang untuk menukangi Nagoya Grampus Eight.

6 dari 6 halaman

5. Barcelona

Posisi Luis Enrique sebagai pelatih Barcelona saat ini tengah goyah. Enrique belum juga memperpanjang kontraknya bersama Blaugrana.

Keadaan semakin genting usai Barcelona kalah 0-4 dari PSG. Lionel Messi dan kawan-kawan sempat mendapat siulan saat Barceona melawan Leganes di Liga Spanyol, Senin (20/2/2017) dinihari.

Enrique sebetulnya mendapat dukungan dari para pemain Barcelona. Kapten tim, Andres Iniesta menegaskan, Enrique harus bertahan di Barcelona demi masa depan klub.

"Kami seribu persen dengan pelatih. Saya tak tahu apakah dia bertahan atau tidak, tapi saya ingin dia tetap punya keinginan untuk merebut gelar seperti yang sudah dilakukannya selama ini," ujar Iniesta seperti dikutip as.

Di sisi lain, Wenger diketahui merupakan pengagum gaya sepak bola Johan Cruyff yang begitu kental di Barcelona. Selain itu, tentu saja pesona La Masia sebagai salah satu akademi terbaik di dunia pas dengan Wenger yang suka mengorbitkan pemain bintang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • Arsene Wenger

Video Terkini