Sukses

Rooney Siap Perangi Pedofilia di Akademi Klub Inggris

Wayne Rooney mengecam pelaku pedofilia di sepak bola Inggris.

Liputan6.com, Manchester - Kapten Manchester United Wayne Rooney mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama memerangi aksi pelecehan seksual pada anak-anak di akademi sepakbola. Dia mengecam tindakan tersebut sebagai kejahatan yang telah mencederai olahraga yang dicintainya.

Pemain 31 tahun ini berbicara soal kasus pedofilia dalam perannya sebagai duta NSPCC, lembaga non-profit yang memberikan perlindungan dan pencegahan kekerasan terhadap anak. Dilansir dari Manchester Evening News,  Jumat (25/11/2016) sore, Rooney juga berharap ada banyak pemain seperti David White dan Paul Stewart yang berani buka suara pada pengalaman kelamnya.

Dua mantan pemain Manchester City tersebut baru-baru ini mengklaim telah mendapat perlakuan tak senonoh saat masih muda oleh pelatih junior mereka. White dan Stewart berani muncul di hadapan publik setelah membaca kisah Andy Woodward, 43, yang juga mengalami hal serupa pada era 1970-1980-an.

"Ini mengerikan, kalau beberapa rekan saya telah menderita dengan cara ini saat bermain olahraga yang saya dan mereka cintai. Andy benar-benar berani untuk maju dan saya akan mendorong siapa saja yang memiliki atau menderita pelecehan untuk menelpon layanan darurat NSPCC yang baru ini untuk sepak bola," kata Rooney.

Ungkap Kasus

NSPCC baru saja meluncurkan hotline untuk membantu pengungkapan kasus predator anak dan sejak diluncurkan, ada lebih dari 50 orang yang menghubungi NSPCC. NSPCC dan FA (federasi sepak bola Inggris) memang tengah gencar mendesak pemain dan seluruh elemen yang terlibat dalam sepak bola usia dini untuk bekerja sama agar kasus pedofilia cepat selesai.

Pada Kamis (24/11/2016) klub raksasa Manchester City juga mengungkapkan mereka sedang menyelidiki keterlibatan Barry Bennell dengan klub. Bennell, pelaku pedofilia, diberi hukuman empat tahun penjara karena memperkosa pemain ketika tur ke Florida pada tahun 1994.

Bennel kemudian mendapat hukuman tambahan sembilan tahun untuk 23 pelecehan lain terhadap enam anak laki-laki di Inggris pada tahun 1998. Seorang mantan pemain sepak bola Andy Woodward pekan lalu menceritakan kembali tentang hubungannya dengan Bennell pada 1980-an ketika ia membela tim divisi rendah Crewe.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.