Sukses

Skenario Lorenzo-Rossi Juara MotoGP 2015

Liputan6.com, Valencia - Valentino Rossi terjepit untuk meraih gelar juara dunia ketujuh sepanjang kariernya di kelas MotoGP. Dia mendapat hukuman penalti poin 3 dan harus mengawali balapan dari barisan terakhir di MotoGP Valencia yang berlangsung di Circuit Ricardo Tormo, Minggu (8/11/2015) malam WIB.

Rossi mendapat hukuman tersebut setelah dinilai pengawas lomba berlaku tidak sportif kepada pembalap Honda, Marc Marquez. di Sirkuit Sepang, 25 Oktober lalu. Pria berusia 36 tahun tersebut sudah berulang kali mengatakan peluangnya menjuarai MotoGP tahun ini sudah menipis karena insiden dengan Marquez.


Meski demikian, Rossi yang sudah mengumpulkan 312 poin dan unggul 7 angka dari rival terdekatnya, Jorge Lorenzo, masih menaruh harap bisa memenangkan kejuaraan balap motor paling bergengsi di dunia itu tahun ini.

Setidaknya, ada 10 skenario yang bisa membuat Rossi meraih gelar ketujuh di kelas MotoGP sepanjang kariernya. Lihat grafis di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Skenario Juara MotoGP 2015

Skenario juara MotoGP 2015

1. Lorenzo finis posisi pertama - 25 poin

Rossi juara dunia bila finis di posisi kedua

2. Lorenzo finis di posisi kedua - 20 poin

Rossi jadi juara dunia jika finis di posisi ketiga. Jika Rossi finis di posisi keempat, poinnya menjadi sama dengan Lorenzo. Namun, Lorenzo menjadi juara dunia karena lebih banyak menjuarai balapan tahun ini.

3. Lorenzo finis di posisi ketiga - 16 poin

Rossi menjadi juara dunia jika finis di posisi keenam. Jika Rossi finis di posisi ketujuh, poinnya menjadi sama dengan Lorenzo. Namun, Lorenzo menjadi juara dunia karena lebih banyak menjuarai balapan tahun ini.

4. Lorenzo finis di posisi keempat -13 poin

Rossi menjadi juara dunia jika finis di posisi kesembilan. Jika Rossi finis di posisi ke-10, poinnya menjadi sama dengan Lorenzo. Namun, Lorenzo menjadi juara dunia karena lebih banyak menjuarai balapan tahun ini.

5. Lorenzo finis di posisi kelima - 11 poin

Rossi juara dunia jika finis di posisi ke-11. Jika Rossi finis di posisi ke-12, poinnya menjadi sama dengan Lorenzo. Namun, Lorenzo menjadi juara dunia karena lebih banyak menjuarai balapan tahun ini.

6. Lorenzo finis di posisi keenam - 10 poin

Rossi menjadi juara dunia jika finis di posisi ke-12. Jika Rossi finis di posisi ke-13, poinnya menjadi sama dengan Lorenzo. Namun, Lorenzo menjadi juara dunia karena lebih banyak menjuarai balapan tahun ini.

7. Lorenzo finis di posisi ketujuh - 9 poin

Rossi akan menjadi juara dunia bila finis di posisi ke-13. Jika Rossi finis di posisi ke-14, poinnya menjadi sama dengan Lorenzo. Namun, Lorenzo menjadi juara dunia karena lebih banyak menjuarai balapan tahun ini.

8. Lorenzo finis di posisi kedelapan - 8 poin

Rossi akan menjadi juara dunia bila finis di posisi ke-14. Jika Rossi finis di posisi ke-15, poinnya menjadi sama dengan Lorenzo. Namun, Lorenzo menjadi juara dunia karena lebih banyak menjuarai balapan tahun ini.

9. Lorenzo finis di posisi kesembilan - 7 poin

Rossi akan menjadi juara dunia bila finis di posisi ke-15. Jika Rossi finis di posisi ke-16, poinnya menjadi sama dengan Lorenzo. Namun, Lorenzo menjadi juara dunia karena lebih banyak menjuarai balapan tahun ini.

10. Lorenzo finis di posisi kesepuluh atau lebih - 6 poin atau lebih kecil

Rossi akan menjadi juara dunia jika finis di posisi berapapun. (Cak/Bog)