Sukses

Neymar Kena Penyakit Gondok, Bahayakah?

Neymar alami penyakit yang tak lazim buat orang dewasa.

Liputan6.com, Jakarta Neymar alami penyakit tak lazim untuk orang dewasa yaitu gondok atau istilah medisnya paroritis. Akibat penyakit ini, Neymar harus rela istirahat dua pekan.

Bintang Barcelona asal Brasil ini pun harus absen di tiga laga penting Barcelona yaitu Piala Super Eropa dan dua leg Piala Super Eropa. Lalu bahayakah penyakit ini?

Penyakit gondok adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang menyerang kelenjar ludah yang berada di antara telinga dan rahang. Ini menyebabkan pembengkakan pada pipi bagian bawah.

Penyakit ini menular dan cukup menyakitkan. Soalnya, penderita bakal kesulitan saat mengunyah dan menelan makanan. Seperti dilansir Marca, penyebaran virus ini bisa lewat air ludah. Tapi virus ini juga bisa menyebar hanya lewat bersin.

Virus ini bisa hilang antara 12 hingga 24 hari. Menurut tim medis Barcelona, Neymar sudah divaksinasi sebelumnya. Namun ternyata virus gondok masih beredar di tubuhnya.

Gondok biasanya terjadi kepada anak-anak berusia 2 hingga 12 tahun. Penyakit ini terjadi jika anak-anak belum divaksinasi penyakit ini. Tapi faktanya, penyakit ini juga menyerang orang dewasa. (Def/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini