Sukses

Ditahan Southampton, Chelsea Juara Paruh Musim Liga Inggris

Liputan6.com, Southampton - Chelsea memastikan diri sebagai juara paruh musim Liga Premir Inggris saat menghadapi Southampton di St. Mary's Stadium, Minggu (28/12/2014) malam WIB. Pertandingan tersebut berakhir imbang 1-1.

Chelsea yang berstatus sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris coba memberikan ancaman ke gawang Soton (sebutan Southampton). Namun, tim asuhan Ronald Koeman yang lebih dahulu mendapatkan peluang. Sundulan Morgan Schneiderlin setelah memanfaatkan umpan lambung Steven Davis melebar di sebelah kiri gawang Thibaut Courtois.

Publik St. Mary's Stadium akhirnya bersorak di menit ke-17. Sadio Mane mencongkel bola di dalam kotak penalti. Courtois yang sudah keluar dari sarangnya gagal menghentikan laju bola. Soton pun unggul 1-0.

The Blues coba membalas. Pada menit ke-31, Fabregas melepaskan umpan lambung dari sisi kanan pertahanan Soton. Bola mengarah ke Costa. Tapi bek Soton, Yoshida berhasil membuang bola terlebih dahulu.

Menit ke-41, Soton hampir saja menggandakan keunggulan jika saja sepakan Pelle tidak berubah arah setelah membentur John Terry.

Memasuki masa injury time, Eden Hazard mencetak gol penyeimbang. Mendapat umpan panjang dari rekannya, Hazard melepaskan tendangan mendatar dari dalam kotak penalti Southampton. Bola yang mengarah ke pojok kiri gawang gagal dihentikan Forster. Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang 1-1.

2 dari 2 halaman

Babak kedua

Babak kedua

Di awal babak kedua, tim besutan Jose Mourinho meningkatkan intensitas serangan. Menit ke-55, aksi tidak sportif dilakukan Cesc Fabregas. Dia melakukan diving di kotak terlarang Soton. Tapi wasit yang memimpin pertandingan melihat kejadian tersebut dengan jeli, Fabregas pun dihadiahi kartu kuning.

Empat menit berselang, Fabregas memberikan umpan panjang. Hazard mengontrol bola dengan baik sebelum melepaskan tendangan dengan kaki kanannya. Sayang, akurasi sepakannya masih menyamping di sebelah kiri gawang Forster.

The Blues terus memberikan tekanan. Pada menit ke-74, Nemanja Matic melepaskan umpan lambung, Ivanovic yang membantu serangan menyundul bola. Sayang, usaha bek kanan The Blues itu masih belum menemui sasaran.

The Blues benar-benar mendominasi permainan, Southampton tidak diberi kesempatan untuk memberikan ancaman. Soton pun harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Morgan Schneiderlin mendapat kartu kuning kedua usai melanggar Fabregas pada menit ke-84.

Hingga bubaran tidak ada gol tercipta, pertandingan pun berakhir imbang 1-1. Meski hanya bermain imbang, Chelsea berhasil menjadi juara paruh musim. Hingga pekan ke-19, mereka sudah mengumpulkan 46 poin, unggul satu angka dari Manchester City. Sedangkan Southampon baru mengemas 33 poin.

Susunan pemain:

Southampton: Forster; Targett, Yoshida, Fonte, Alderweireld; Davis, Schneiderlin, Wanyama; Mane, Tadic, Pelle.

Chelsea: Courtois; Ivanovic, Cahill, Terry (c), Filipe Luis; Matic, Mikel; Schurrle, Fabregas, Hazard; Diego Costa.