Sukses

Indonesia Pastikan Satu Tiket Final Tunggal Putra Australia Open

Simon Santoso dan Tommy Sugiarto akan saling berhadapan di semifinal Australia Open Super Series 2014.

Liputan6.com, Sydney: Satu tiket final Australia Open Super Series 2014 dipastikan milik Indonesia lewat pertemuan dua wakil tunggal putra Tommy Sugiarto dan Simon Santoso. Sedangkan semifinal lainnya mempertemukan dua wakil China, Lin Dan dan Tian Houwei.

Simon lebih dulu lolos ke semifinal usai mengalahkan Wong Wing Ki dari Hong Kong 21-17 dan 21-15, Jumat (27/6/2014). Tommy menyusul langkah Simon dengan menaklukkan pemain muda masa depan Jepang, Kento Momota, 21-18 dan 21-7 dalam waktu 45 menit.

"Saya bisa menerapkan permainan dengan benar saat menghadapi Wong, saya juga bisa tampil lebih sabar menghadapi dia yang ulet," kata Simon tentang lawannya tersebut.

Jika melihat kekuatan di atas kertas, Simon berpeluang memenangkan pertandingan atas Tommy. Kedua pemain tercatat sudah dua kali bertemu, dimana keduanya dimenangkan Simon. Namun berdasarkan peringkat, Tommy yang merupakan pemain rangking lima dunia, lebih dijagokan ketimbang Simon yang ada di rangking 18 dunia.



"Saya rasa Tommy lebih diunggulkan, dari segi peringkat juga jauh di atas saya. Soal pertandingan semifinal, saya akan coba tampil maksimal saja," ujar Simon seperti dinukil dari Badminton Indonesia.

Selain Simon dan Tommy, ganda campuran Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet juga lolos ke semifinal. Pasangan kakak beradik ini mengalahkan Danny Bawa Chrisnanta/Yu Yan Vanessa Neo (Singapura), 16-21, 21-11, dan 21-17. Di semifinal, Kido/Pia akan ditantang wakil Korea, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na.

Partai semifinal akan berlangsung Sabtu (28/6) di stadion States Sports Center, Sydney, mulai pukul 13.00 waktu Sydney atau sekitar pukul 10.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini