Sukses

Pengusaha Yakin Gita Wirjawan Mundur Bukan Gara-gara Beras

Gita Wirjawan secara resmi mengumumkan mundur sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) pada Jumat (31/1/2014) lalu.

Gita Wirjawan secara resmi mengumumkan mundur sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) pada Jumat (31/1/2014) lalu. Keputusan ini diambil lantaran dirinya ingin berkonsentrasi mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat.

Pemunduran diri mantan Kepala BKPM ini kerap dikait-kaitkan dengan kasus beras impor asal Vietnam yang diduga ilegal dan merembes ke pasar tradisional dan mempengaruhi harga jual beras di tingkat pedagang.

Namun Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi meyakini pemunduran diri kita ini benar-benar karena ingin berkontrasi terhadap konvensi, bukan lantaran terkait dengan kasus impor beras ini.

"Saya kira Gita mundur bukan karena itu (impor beras Vietnam). Hal itu terlalu kecil, orang cuma 16 ribu ton kok," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (3/2/2014).

Sofjan menilai, dengan adanya pemunduran diri ini, tidak akan mempengaruhi proses penelusuran yang tengah dilakukan Kementerian Perdagangan dan Direktorat Jenderal Bea Cukai.

"Secara hukum saya rasa akan jalan terus, tidak ada urusannya dengan  pemunduran diri. Jd kalau itu tetap jalan saya, soal penyelundupan atau pelanggaran impor, tetap diambil tindakan hukumnya," tandas dia. (Dny/Nrm)

Baca juga:

Mundur dari Mendag, Gita Wirjawan: Ini Langkah Terbaik

Gita Wirjawan: dari Pengusaha, Birokrat Lalu Ikut Konvensi Capres

Siapa Pengganti Gita Wirjawan? Wamen: Tunggu Arahan Presiden

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.