Sukses

Jero Wacik Dibuat Malu Gara-gara Kilang

Jelang berakhirnya masa jabatannya sebagai Menteri ESDM, Jero Wacik mengaku malu karena tak berhasil menambah jumlah kilang minyak.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengaku malu karena jumlah kilang minyak di indonesia tak kunjung bertambah. Padahal, kapasitas kilang di Tanah Air sudah tidak sesuai lagi dengan volume mencapai 820 ribu Kiloliter (KL).

"Padahal kita butuhnya 1,5 juta, ya kurang," kata Jero dalam paparan kinerja Kementerian ESDM kepada Komisi VII DPR, di gedung DPR Jakarta, Rabu (29/1/2014).

Jero mengakui, kabar Indonesia akan menambah kapasitas kilang sudah berhembus sejak dirinya menjabat menteri ESDM. Namun rencana tersebut tidak kunjung terealisasi dan hanya berakhir menjadi perdebatan.

"Kami rencananya nambah 3 kali 300 atau 2 kali 200, sejak jadi menteri ESDM sudah ada perdebatan tapi nggak berhasil," ungkapnya.

Menjelang akhir masa jabatannya, Jero mengaku malu karena tidak mengetahui kapan waktu pembangunan kilang yang tepat.

"Terus terang saya sudah malu, saya pernah ditanya wartawan kapan mestinya bangun kilang, saya bilang kemarin," tuturnya.

Mendengar pengakuan tersebut, Komisi VII DPR pun memasukan poin pembangunan kilang sebagai salah satu kesimpulan rapat. DPR mendukung Pemerintah melalui Kementerian ESDM untuk mempercepat pembangunan kilang dengan memberikan insentif yang diperlukan. (Pew/Shd)

Baca juga

Jero Wacik: Jangan Bergantung pada Minyak, Berat!

Kilang Cilacap, Pemasok Terbesar BBM di Indonesia

Kapasitas Kilang Terbatas Bikin Pengolahan Minyak Tak Optimal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini