Sukses

Pekerja Asia Paling Bahagia Ada di India

Laporan terbaru dari survei perusahaan konsultasi tenaga kerja multinasional, Randstad mengungkapkan, tenaga kerja paling bahagia di Asia justru datang dari negara berkembang dengan pergerakan ekonomi yang masih terhitung rapuh, India.

Dari survei yang dirilis Randstad, sebanyak 70% tenaga kerja di India mengaku sangat senang dan puas dengan pekerjaan yang tengah dilakoni saat ini.

Seperti dikutip CNBC berdasarkan laporan Randstad bertajuk `2013/14 Randstad World of Work Report,` Kamis (23/1/2014), India bahkan mampu mengalahkan tingkat kebahagiaan para pekerja di Singapura yang notabene merupakan pusat perputaran bisnis Asia. Survei tersebut menunjukkan, hanya 17% tenaga kerja Singapura yang merasa bahagia dengan pekerjaannya.

"Para pekerja profesional di India bergerak dengan sangat optimis sekaligus mencerminkan seberapa besar ketangguhan negara tersebut sebagai pemimpin global di bidang bisnis online, software dan jasa," seperti ditulis para peneliti Ranstad dalam laporannya.

Selain itu, keunggulan India terletak pada penyediaan akses dan peluang yang lebih besar ke pasar tenaga kerja. Langkah itu dianggap dapat mengurangi tingkat kemiskinan yang melanda India.

"Terdapat proyeksi yang positif terhadap pertumbuhan tenaga kerja India mengingat jutaan orang berhasil bangkit dari jeratan kemiskinan," ungkap para peneliti perusahaan tenaga kerja terbesar kedua di dunia itu.

Sementara itu, menyusul di bawah India adalah Australia. Masyarakat negeri Aborigin tersebut mengaku sangat senang dengan lingkungan karir di negaranya.

Dari laporan tersebut dapat diketahui bahwa para tenaga kerja di Asia dituntut untuk dapat bisa menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadinya. (Sis/Nrm)
BERANI BERUBAH: “Jangkrik Bos” Raup Jutaan Rupiah