Sukses

Anak Menteri Saja Tak Lolos Tes CPNS

Proses seleksi CPNS diklaim bebas KKN. Bahkan seorang anak pejabat sekelas menteri pernah tidak lolos tes menjadi abdi negara.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memastikan proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Bahkan seorang anak pejabat sekelas menteri pernah tidak lolos tes menjadi abdi negara tersebut.

"Anak Pak menteri saja tidak lolos. Itu beberapa tahun lalu, terus coba lagi," kata Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) KemenPAN RB Setiawan Wangsa Atmaja saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (24/12/2013).

Untuk menekan KKN dalam seleksi CPNS, Setiawan menjelaskan pihaknya telah membuat suatu sistem perekrutan yang rapi. 

"Dalam membuat soal ada tim, sudah disusun, pengolahannya tim lain lagi. Saya pun tidak bisa lihat soalnya. Padahal saya yang bergelut setiap hari mengurusi ini. Benar-benar selalu berganti-ganti timnya. Ini untuk mencegah KKN di sana," terang dia.

Selain itu, ada juga audit teknologi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang diawasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Indonesian Corruption Watch (ICW) dan Ombusman.

"Semua diolah terpusat. Kementerian/Lembaga tinggal dapat hasil olehan, karena semua diolah di Panitia Seleksi Nasional," papar dia.

Sekadar informasi pemerintah telah mengumumkan hasil tes TKD CPNS 2013 untuk pelamar umum. Cek di sini untuk pengumuman lengkapnya: Cek Pengumuman CPNS 2013 di Liputan6.com. (Ndw)

Baca juga:

Masih Ada Joki di Tes CPNS 2013

Cek Pengumuman CPNS 2013 di Liputan6.com

 Hasil Tes CPNS Diumumkan Serentak Hari Ini

1,5 Juta WNI Berebut Kursi PNS, Berapa yang Terpilih?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini