Sukses

Top 5 Artikel Bisnis Edisi 24 Oktober 2013

Dunia perbankan Indonesia tengah terguncang terkait skandal suap bernilai Rp 33,4 miliar yang melibatkan bank milik pemerintah RI.

Dunia perbankan Indonesia tengah terguncang. Ini berkaitan skandal suap bernilai sekitar US$ 3 juta atau setara Rp 33,4 miliar yang melibatkan perusahaan automatic teller machine (ATM) terbesar di dunia, Diebold Inc asal Amerika.

Hal mengejutkannya, dana suap tersebut diperuntukkan bagi para pejabat bank milik pemerintah di Indonesia, China dan Rusia guna melancarkan bisnis penjualan ATM-nya. Artikel ini pun menjadi yang paling dicari pembaca Liputan6.com pada Kamis (24/10/2013) ini.

Sementara di pasar saham Indonesia, akan kedatangan para pemain baru. Sebab diketahui saat ini Bursa Efek Indonesia (BEI) sedang memproses 10 perusahaan yang berencana melantai di bursa. Para pendatang baru bursa ini masuk artikel kedua yang dicari pembaca setia kami.

Adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan diketahui ingin menciptakan satu tren baru dalam sistem penggajian karyawan BUMN.

Kementerian BUMN akan mengusulkan sejumlah perusahaan milik pemerintah untuk memberlakukan sistem penggajian berbasiskan kinerja mulai tahun depan. Artikel ini adalah yang ketiga paling dibacar hari ini.

Dua artikel lain yang paling laris dibaca menyangkut perusahaan multinasional Unilever. Produsen perlengkapan rumah tangga dan kosmetik ini masih mengandalkan negara berkembang untuk mengisi pundi pendapatannya.

Adapula Bank Niaga yang memfasilitasi para orang kaya di Indonesia untuk memiliki mobil Lamborghini impiannya dengan cara mencicil.

Ingin tahu detail 5 artikel terpopuler pada edisi hari ini, yakni:

1. Kasus Suap ATM Diebold Menyangkut Kredibilitas Bangsa

Komisi XI DPR RI meminta pihak terkait untuk segera membuktikan isu dugaan kasus suap yang dilakukan Diebold Inc kepada bank milik pemerintah terkait pengadaan mesin ATM dalam kurun waktu 2005-2010.

Isu tersebut, dinilai menyangkut kredibilitas nama baik Indonesia di mata internasional.

2. BEI Sedang Proses 10 Perusahaan untuk IPO


Manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan ada 10 perusahaan yang masuk pipeline bursa untuk melakukan penawaran perdana saham pada 2013. Sepanjang 2013, sudah 25 emiten yang mencatatkan perdana saham/ innitial public offering di BEI.

3. Sistem Gaji Pegawai BUMN Bakal Diubah


Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengusulkan sejumlah perusahaan milik pemerintah untuk memberlakukan sistem penggajian berbasiskan kinerja mulai tahun depan. Hingga saat ini, masih banyak BUMN yang menerapkan gaji berdasarkan jabatan dari pegawainya.

4. Negara Berkembang Masih Tumpuan Penjualan Unilever

Unilever Plc melaporkan angka penjualan kuartalan turun sejak krisis keuangan. Hal itu didorong dari perlambatan di pasar negara berkembang.

5. Kini Bisa `Ngutang` Lamborghini di Bank Niaga

PT Bank CIMB Niaga Tbk menggandeng PT Artha Auto, distributor resmi mobil kelas premium asal Italia Lamborghini di Indonesia. Kerjasama ini terkait pembelian Lamborghini dengan skema utang. (Nur)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.