Sukses

Fitch Turunkan Outlook Rating AS Jadi Negatif

Negosiasi plafon utang Amerika Serikat berdampak terhadap outlook rating Amerika Serikat.

Fitch Ratings menempatkan peringkat utang pemerintah Amerika Serikat menjadi AAA negatif (negative watch) dari semula positif.

Negosiasi plafon utang Amerika Serikat berisiko merusak efektivitas pemerintah negara dan lembaga-lembaga politik.

"Meski pun Fitch tetap percaya bahwa plafon utang akan dibangkitkan segera tetapi menyerempet ke bahaya politik dan fleksibilitas pembiayaan dikurangi dapat meningkatkan risiko gagal bayar Amerika Serikat," tulis lembaga pemeringkat dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari CNBC, Rabu (16/10/2013).

Indeks saham berjangka Amerika Serikat pun turun. Indeks S&P futures turun 9,6 poin. Sementara, indeks Dow Jones futures turun 60 poin dan Nasdaq futures turun 7,5 poin.

Seorang juru bicara Departemen Keuangan mengatakan, langkah Fitch mencerminkan kebutuhan mendesak Kongres untuk bertindak atas plafon utang.

Sebelumnya hari ini pemimpin mayoritas senat Harry Reid mengecam House of Republicans, tak lama setelah runtuhnya sebuah usulan GOP. Ia memperingkatkan, pada saat itu peringkat kredit Amerika Serikat dapat diturunkan paling cepat pada Selasa malam. (Ahm/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.