Sukses

[VIDEO] Permainan Smart Money Bikin Pintar Atur Duit

Bingung mengatur keuangan? Kenapa tidak mencoba dulu dengan permainan smart money. Permainan ini bisa bikin orang pintar atur duit.

Bingung mengatur keuangan? Kenapa tidak mencoba dulu dengan permainan smart money. Permainan ini layak untuk dicoba karena bisa bikin orang pintar atur duit.

Financial Planner Mike Rini Sutikno membuat permainan Smart Money Game yang membuat orang bisa lebih mengerti tentang mengelola keuangan pribadi.

Berikut penjelasan Mike seperti ditulis Kamis (25/7/2013):

Smart Money Game adalah sebuah singkatan  S-M-A-R-T.
S itu spesifik,
M-nya measured,
A-nya adalah Attainable,
R nya Realistic
T nya adalah Time Centric.

Intinya dari permainan smart money game adalah ketika kita memiliki keinginan di masa depan maka keinginan membutuhkan sejumlah uang. Maka cita-cita tersebut maka harus diterjemahkan secara spesifik, realistis dan berjangka waktu. Contohnya tidak cukup kita hanya memiliki keinginan: saya ingin kaya, bahagia atau sejahtera. Tapi dalam perencanaan keuangan sebaiknya keinginan atau cita-cita di masa depan tersebut harus didefiniskan secara spresifik.

Bahagia misalnya karena saya bahagia jika saya memiliki rumah dan saya ingin punya rumah dua tahun lagi seharga Rp 350 juta. Jadi dengan tujuan yang keinginan spesifik maka seseorang akan lebih mudah mencapai tujuan-tujuan hidup mereka karena perencanannya lebih mudah direncanakan.

Smart Money Game, cara memainkannya tidak sulit. Tujuannya adalah:
Pertama, peserta belajar mengurangi ketergantungan terhadap utang.
Kedua, meningkatkan nilai harta kekayaan dan nilai kekayaan bersih mereka.
Ketiga, peserta belajar untuk memiliki pasive income.
Passive income adalah penghasilan yang Anda dapat tanpa harus bekerja. Contohnya penghasilan dari investasi seperti tabungan, deposito atau peghasilan dari bisnis.

Ketika seseoprang bekerja dan memiliki gaji dan tidak diatur dengan baik dan akan habis begitu saja tanpa ada kesempatan untuk ditabung. Melalui permainan Smart Money Game ini maka peserta akan belajar mengelola keuangan mereka yaitu gaji mereka.

Di dalam permainan ini dilengkapi dengan papan Smart Money Game. Papan tersebut kemudian memiliki gambar Oye, Wow, Berita lalu Oops.

Petak-petak ini diwakili dengan empat jenis kartu yang saya sebutkan tadi, Oops, Oye, Wow, dan Berita.

Jika Anda berhenti dipetak Wow maka Anda harus mengambil kartu kartu Wow, yaitu kartu penawaran investasi.

Jika Anda berhenti dipetak orange atau petak Oye, berarti Anda harus mengambil kartu Oye. Kartu Oye berisi penawaran bisnis.

Sementara jika Anda berhenti dipetak berita maka Anda harus mengambil kartu Berita. Kartu Berita menggambarkan kondisi ekonomi saat ini

Dan jika Anda berhenti di petak Oops maka Anda mengambil kartu Oops yang berwarna merah, kartu tersebut adalah kartu denda. Jika Anda mendapatkan diri anda di kartu Oops maka anda harus membayar denda ke bank sesuai dengan jumlah yang tertera di dalam kartu Oops.

Di dalam papan, Anda juga menemukan petak 'Musibah' dan juga petak 'PHK'. Jika Anda berhenti di petak 'Musibah' maka uang kas Anda harus dipotong setengahnya dan dibayarkan ke bank. Dan kemudian jika Anda berhenti di petak PHK, maka Anda berhenti tiga  kali putaran sampai semua peserta menyelesaikan tiga putarannya. Jika Anda belum memliki asuransi, maka Anda bisa membeli asuransi melalui kartu penawaran wow dan oye.

Pemenang dalam permainan ini dihitung dengan nilai rasio utang akhir yang mengalami penurunan paling tinggi, dan nilai rasio kekayaan bersih yang mengalami peningkatan paling tinggi. Pemenangnya juga adalah peserta yang memiliki kenaikan pasive income paling tinggi.

dalam permainan ini juga bisa menceritakan mengenai karakter seseorang, kebiasaan-kebiasaan mereka dalam mengelola keuangan. Permainan ini selain dilengkapi dengan petak dan kartu, juga ada kartu profesi, yang menggambarkan profesi peserta kemudian juga ada laporan keuangan.

Ada juga uang-uang seperti pada monopoli. Juga selalu ada pion dan dadu. Tiap pemain memiliki kartu profesinya masing-masing kemudian akan memilih pion seperti kartu profesi yang dipilih. Karakter pemain akan terlihat saat dia berhadapan dengan keputusan-keputusan keuangan yang harus diambil, ketika dia mendapatkan kartu Wow, Oye, Berita maupun kartu Oops.

Seseorang yang tidak suka risiko biasanya menghindari pembelian pada kartu Oye dan Wow. Sementara seseorang  yang suka risiko dan memiliki pengetahuan cukup maka dia pada umumnya akan cenderung berani mengambil kartu Oye dan Wow yang berwarna hijau.

Semakin seseorang banyak melakukan transaksi pada kartu Wow atau Oye maka dia akan memiliki kesempatan untuk menambah asetnya. Dengan menambah aset akan terjadi kesempatan bagi dia untuk meningkatkan nilai kekayaan dan pasive income.

Tanpa berani mengambil risiko, tanpa belajar, tanpa kedisiplinan mengelola utangnya maka seseorang tidak akan bisa meningkatkan nilai kekayaannya dan juga akan sulit menambah passive incomenya.

Nah, dengan permainan ini secara otomatis peserta bisa mengetahui cara pengelolaan keuangan melalui laporan keuangan dan kartu profesinya masing-masing. Sehingga para peserta bisa mengelola keuangan dengan tepat. (Sis/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.