Sukses

Bulog Janji Tak Ambil Untung Besar Saat Operasi Pasar Daging

Mendag memastikan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) telah berkomitmen tidak mengambil keuntungan yang berlebihan pada operasi pasar.

Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan memastikan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) telah berkomitmen tidak mengambil keuntungan yang berlebihan pada operasi pasar, yang merupakan upaya pemerintah menurunkan harga daging sapi yang sampai ini masih terbilang tinggi.

"Mereka sudah komitmen untuk tidak mencari untung besar, saya rasa untung mereka sedikit. Mereka untung Rp 2 ribu per kg pun itu sudah bagus," ujar dia di gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (19/7/2013).

Namun dia juga menegaskan Bulog juga tidak boleh mengalami kerugian dari usahanya ini, karena sebagai badan usaha yang tetap dituntuh meraih keuntungan sebagai pemasukan.

"Mereka juga tidak boleh rugi, karena mereka kan juga badan usaha, BUMN dan kami terus melakukan koordinasi setiap hari," lanjutnya.

Gita mengungkapkan Bulog saat ini tengah mencari sapi tambahan untuk menambah pasokan dalam negeri dan mempercepat penurunan harga daging sapi.

"Kalau tidak salah beberapa hari lalu mereka sudah dapat tambahan 10-20 ekor dari dalam negeri," katanya.

Sementara itu terkait penolakan pedagang daging di Pasar Senen terhadap operasi pasar yang dilaksanakan Bulog, Gita mengatakan dimungkinkan untuk mengubah skema operasi pasar yang dilaksanakan kemarin, tetapi keputusannya tetap ada di tangan Bulog. (Dny/Nur)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.