Sukses

Aturan Teknis Mobil Murah Rampung Akhir Juni

Menteri Perindustrian MS Hidayat memastikan petunjuk teknis mengenai aturan mobil murah sudah rampung pada akhir bulan ini.

Menteri Perindustrian MS Hidayat memastikan petunjuk teknis mengenai aturan mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC) akan selesai pada akhir bulan ini.

"Akhir bulan ini selesai, kita akan kordinasi dengan beberapa kementerian, Menko, Menteri Keuangan, dan ESDM," ujar Hidayat usai menghadiri rapat koordinasi di Gedung Bank Indonesia, Kamis (20/6/2013)

Dengan adanya aturan tersebut, Hidayat berharap para produsen bisa memproduksi mobil murah yang sudah banyak dilakukan di berbagai negara.

"Program ini diperuntukan tidak untuk Jabodetabek, tapi ini program nasional, untuk memiliki mobil yang harganya terjangkau dan relatif, itu yang harus kita selesaikan,"paparnya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebelumnya menargetkan mobil murah ramah lingkungan ini sudah bisa dijual pada awal Agustus 2013.

Menurut Ketua Umum Gaikindo, Sudirman M Rusdi sebanyak enam produsen mobil telah menyatakan minatnya untuk memproduksi mobil murah. Keenam produsen tersebut yaitu Daihatsu, Toyota, Suzuki, Nissan, Mitsubishi dan Honda.

"Setiap kami ada pembicaraan dengan Kemenperin, 6 merk itu ikut bergabung. Tetapi apakah mereka akan mengajukan aplikasinya nanti setelah permenperin keluar, kami belum tahu," katanya. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini