Sukses

Mengenal Meditasi Mindfulness, Menemukan Kedamaian di Tengah Kesibukan

Mindfulness telah terbukti efektif dalam mengelola rasa sakit kronis dan kondisi kesehatan lainnya, menjadikannya sebagai alat yang berguna dalam perawatan kesehatan holistik

Liputan6.com, Jakarta - Meditasi mindfulness atau juga dikenal sebagai kesadaran penuh, adalah praktik yang semakin populer di tengah masyarakat modern. Kesibukan dan stres yang dihadapi sehari-hari sering kali membuat kita terjebak dalam rutinitas tanpa henti.

Oleh karena itu, meditasi mindfulness menawarkan jalan keluar dengan cara yang sederhana namun mendalam. Praktik meditasi ini melibatkan fokus pada saat ini dengan penuh perhatian dan penerimaan, tanpa penilaian.

Penelitian ilmiah telah menunjukkan berbagai manfaat dari meditasi mindfulness. Praktik ini dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi, serta meningkatkan kualitas tidur dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Mindfulness juga berkontribusi pada peningkatan fokus, kreativitas, dan produktivitas. Selain itu, mindfulness telah terbukti efektif dalam mengelola rasa sakit kronis dan kondisi kesehatan lainnya, menjadikannya sebagai alat yang berguna dalam perawatan kesehatan holistik.

Memulai meditasi mindfulness tidak memerlukan persiapan yang rumit. Anda hanya perlu menemukan tempat yang tenang, duduk dengan nyaman, dan mulai memfokuskan perhatian pada napas Anda.

Saat pikiran mulai melayang, Anda cukup mengamati pikiran tersebut tanpa penilaian, lalu kembali fokus pada napas. Dengan latihan rutin, durasi meditasi dapat ditingkatkan secara bertahap, dari beberapa menit hingga setengah jam atau lebih.

Ada banyak aplikasi dan sumber online yang dapat membantu memandu meditasi ini, sehingga mudah diakses oleh siapa saja. Meskipun meditasi mindfulness tampak sederhana, banyak orang mengalami tantangan dalam mempertahankan konsistensi.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menemukan Kebahagiaan

Beberapa kesalahpahaman umum termasuk anggapan bahwa meditasi harus mengosongkan pikiran sepenuhnya atau mencapai kondisi zen setiap kali berlatih. Padahal, esensi dari mindfulness adalah menerima apa pun yang terjadi pada saat itu, termasuk gangguan dan pikiran yang muncul.

Kuncinya adalah latihan berulang dan kesabaran. Meditasi mindfulness tidak harus terbatas pada sesi formal saja; prinsipnya bisa diterapkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Mulai dari makan dengan penuh perhatian, mendengarkan orang lain tanpa menghakimi, hingga berjalan dengan kesadaran penuh, semua ini adalah bentuk meditasi mindfulness.

Dengan mengintegrasikan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat menemukan ketenangan dan kebahagiaan di tengah kesibukan dunia modern. Praktik ini mengajarkan kita untuk lebih menghargai setiap momen dan hidup dengan lebih sadar dan bermakna.

Penulis: Belvana Fasya Saad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.