Sukses

5 Rekomendasi Wisata Murah di DKI Jakarta untuk Healing Libur Idul Adha 2024

Libur Idul Adha menjadikan salah satu momen masyarakat untuk melakukan wisata. Untuk wilayah sekitar Jakarta, mana saja?

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang tidak melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman pada momen libur Iduladha dan sekolah tak perlu cemas. Mengingat, tersedia beragam tempat wisata di Jakarta yang patut untuk Anda kunjungi.

Menariknya, tempat wisata yang tersedia di DKI Jakarta ini ramah dikantong Bagi masyarakat yang  memiliki keuangan atau terbatas. Sehingga, Anda bersama keluarga tetap  dapat berlibur pada momen libur Idul Adha dan sekolah 2024.

Berikut rekomendasi destinasi wisata di Ibu Kota Jakarta yang patut Anda kunjungi:

1. Taman Margasatwa Ragunan

Tak lengkap rasanya jika berwisata bersama keluarga tak mengunjungi kebun binatang ragunan. Destinasi wisata ini patut dikunjungi untuk menambah wawasan mengenai dunia satwa.

Kebun binatang ini memiliki luas 140 hektar dan menyediakan berbagai macam koleksi spesies, mulai dari hewan buas, hewan jinak, hewan ternak, serangga, hingga reptil.

Menariknya, harga tiket masuk Ragunan tergolong murah. Yakni, untuk pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp4 ribu, sedangkan anak-anak dikenakan biaya Rp3 ribu saja.

2. Monumen nasional (Monas)

Sudah menjadi rahasia umum jika Monumen Nasional atau Monas menjadi tujuan utama objek wisata di DKI Jakarta. Tak heran jika, Monas menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat Jakarta. 

Dalam setiap perayaan hari besar, berbagai kegiatan menarik terselenggara di Monas.

 Untuk masuk ke kawasan wisata Monas, pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, jika Anda masuk ke dalam Museum Sejarah Nasional dikenakan biaya masuk sebesar Rp15 ribu per orang.

3. Kota Tua

Kota Tua merupakan tempat wisata tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Jakarta. Destinasi wisata yang terletak di Jakarta Pusat ini menawarkan suasana kota tempo dulu dengan bangunan khas zaman kolonial Belanda.

Layaknya Monas, wisatawan yang hendak masuk ke area Kota Tua tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, bagi Anda yang tertarik mengunjungi museum Kota Tua cukup membayar tiket masuk Rp 5000 per orang. 

"Jika ke sini, Anda bisa jalan-jalan santai dan mengunjungi beberapa museum seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Mandiri, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Wayang," tulis laman BSI.

4. Taman Mini Indonesia Indah  (TMII)

Tak lengkap rasanya di berlibur di Jakarta tanpa mengunjungi TMII. Destinasi yang terletak di kawasan Jakarta Timur ini menawarkan beragam atraksi wisata yang cocok dinikmati bersama keluarga untuk menghabiskan libur Iduladha dan sekolah.

Sejumlah atraksi wisata yang menjadi pilihan utama pengunjung ialah Museum Indonesia, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Prangko Indonesia, dan masih banyak lainnya.

Untuk masuk ke TMII, Anda cukup membayar  tiket masuk gerbang utama yakni sebesar Rp25 ribu per orang.

5. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Taman Wisata Angke Kapuk dapat menjadi pilihan bagi Anda yang gemar berpetualang di alam bebas. Suasana  yang teduh dan udaranya yang sejuk oleh pepohonan layak untuk Anda kunjungi, tempat ini juga memiliki spot-spot menarik untuk berfoto.

Untuk memasuki objek wisata yang berada di Jakarta Utara ini Anda dikenakan biaya masuk Rp 15.000 per orang. Taman Wisata Alam Angke Kapuk ini beroperasi pada pukul 09.00-17.30 WIB. 

 

 

 

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Libur Idul Adha tanggal berapa?

Idul Adha tahun 2024 diprediksi jatuh pada tanggal 17 Juni. Penetapan ini dilakukan melalui perhitungan hisab yang dilakukan oleh Muhammadiyah. Selain itu, hasil sidang isbat yang diadakan pemerintah pada tanggal 7 Juni juga menetapkan tanggal tersebut sebagai hari Idul Adha.

Kedua lembaga ini, baik Muhammadiyah maupun pemerintah, menyepakati bahwa 10 Zulhijah pada tahun 2024 bertepatan dengan tanggal 17 Juni.

Dengan jatuhnya Idul Adha pada tanggal 17 Juni 2024, maka hari tersebut dinyatakan sebagai hari libur nasional. Secara langsung, libur Idul Adha berlangsung selama satu hari.

Selain itu, tanggal 18 Juni 2024 ditetapkan sebagai cuti bersama Idul Adha 1445 Hijriah

Namun, karena jatuh pada hari Senin, maka jika dikombinasikan dengan libur akhir pekan, libur tersebut dapat dinikmati selama tiga hari berturut-turut.

Apalagi, bagi yang mengambil cuti pada hari Jumat, maka gabungan liburnya akan semakin panjang. Dengan demikian, libur Idul Adha 2024 akan terasa lebih lama dan menjanjikan sebuah long weekend yang menyenangkan bagi banyak orang.

Libur panjang ini tentu menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang, baik untuk berkumpul dengan keluarga tercinta, merayakan hari besar dengan khidmat, maupun untuk bersantai dan menikmati waktu luang dengan aktivitas yang menyenangkan. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan kegiatan selama libur Idul Adha dengan baik agar dapat maksimal menikmati momen berharga ini.

3 dari 3 halaman

Hari apakah Idul Adha?

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada 8 Juni 2024. Dengan begitu, maka Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1445 H jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Keputusan itu disampaikan langsung Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Saiful Rahmat Dasuki usai mengikuti sidang isbat yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2024).

"Sidang isbat telah disepakati bahwa 1 Zulhijah 1445 Hijriah ditetapkan jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024. Dan Insya Allah Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Senin tanggal 17 Juni 2024," ujar Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.