Sukses

12 Pekerjaan yang Terancam Punah

Di tengah zaman serba modern seperti ini, banyak orang merasa perkembangan teknologi sangat membantu dan menguntungkan. Pemanfaatan fasilitas internet dari segala bidang dapat membantu kelancaran kegiatan hidup kebanyakan orang setiap hari.
 
Semua bisa dilakukan secara instan dan tak makan waktu lama. Jika Anda ingin tahu siapa orang paling kaya di dunia? internet bisa menjawabnya.

Jika Anda ingin mendapat paket liburan yang memuaskan, internet juga menyediakan segala informasi yang Anda butuhkan. Belanja dan segala transaksi bahkan bisa dilakukan lewat telepon seluler (ponsel).

Tapi siapa yang tahu, kalau perkembangan teknologi ini juga merugikan bagi sebagian orang. Beberapa profesi terancam hilang, karena tergerus perkembangan teknologi.

Berikut 12 pekerjaan yang harus dikembangkan atau selesai sampai di sini seperti melansir laman Business Insider, Sabtu (25/5/2013):

1. Penjaga Perpustakaan

Teknologi pencarian super canggih, Google dan kawan-kawannya, Bing, Yahoo, dan  Cha Cha menjadi sumber paling terpercaya buat memenuhi rasa penasaran setiap orang, pustakawan umum milik bersama.

Saat ini, Anda tak perlu susah-susah lagi ke perpustakaan untuk mencari tahu sesuatu dan sibuk mengendalikan diri supaya tidak ribut. Semuanya bisa dilakukan di mana saja bahkan dari rumah Anda dan berteriak sesukanya saat Anda mendapat informasi yang dicari.

Sebab itu profesi penjaga perpustakaan sepertinya harus dikembangkan. Walaupun media virtual dan sistem pencarian lewat internet, masih ada orang-orang yang suka membaca buku langsung dan menghargai bantuan pencarian langsung.

Sebagai solusi, sebaiknya pustakawan baru harus melek teknologi digital, cerdas dalam pencarian; paham kata-kata kunci dan situs-situs yang berguna.


2. Pengetik Profesional

Kesalahan pengetikan membutuhkan aplikasi untuk menghapus dan memperbaikinya. Tapi proses ini sudah tergeser teknologi pengetikan baru.

Para pengetik profesional tinggal menggunakan backspace. Dan untuk mengecek kesalahan, teknologi komputer menyediakan banyak cara.

Solusi untuk mengembangkannya, para pengetik profesional hanya membutuhkan software tambahan pada keyboard di mesin tik seperti pada komputer.


3. Penjaga Toko Video

Biasanya orang ini bisa menemukan video yang Anda cari dengan tepat bahkan saat sedang melakukan pekerjaan lain.

Film asing dengan judul yang sulit pun bisa mereka temukan. Tapi dengan adanya film-film live streaming di website yang bisa ditonton dan diunggah kapan saja, menekan profesi penjaga toko video, termasuk toko video juga.

Jika melihat kondisinya, profesi ini sebaiknya dihentikan saja. Selain bayaran yang sering telat, tak ada jaminan pekerjaan bagi pekerja yang bahkan bisa menyebutkan satu per satu peran Star Wars Galaxy ini.


4. Wasit dan Hakim Garis

Dengan video replay (pemutar ulang) instan dalam dunia olahraga, profesi wasit dan hakim garis tampaknya jadi tak penting. Selain itu video ini lebih bisa dipercaya dan mengurangi kecurangan wasit dan hakim garis.

Kendati demikian, sebaiknya profesi ini tetap ada. Kecepatan mata elang para pekerja ini bisa membuat permainan terus berlangsung tanpa terhenti siaran ulang di tengah permainan.


5. Pengantar Es Keliling

Sebelumnya Anda  mungkin sangat sulit mendapatkan es secara instan. Orang-orang harus menunggu pengantar es, membelinya dan menyimpannya di kotak es.

Seiring perkembangan zaman, kulkas pun mulai ditemukan dan terus dikembangkan. Orang-orang bisa membuat es di rumah sendiri.

Dengan kondisi ini sebaiknya profesi ini ditiadakan saja. Memang pekerjaan satu ini sangat terpuji, tapi itu semua sudah berlalu.


6. Agen Perjalanan

Dua tahap yang biasa dilakukan sebelum bepergian: hubungi agen travel, lalu berkemas.

Banyak orang yang senang liburan bersama keluarga atau jalan-jalan di pantai. Tapi sekarang, Anda bisa dengan mudah mencari tujuan, memesan tiket, kamar dan pembayaran sebelum Anda bepergian. Semuanya bisa dilakukan dengan sekali klik.

Walau telah ada pesaing, pekerjaan ini tampaknya masih harus tetap ada. Amankan pekerjaan ini dengan membuat petualangan, atau paket-paket liburan khusus yang bisa menarik banyak konsumen.


7. Pengantar Koran

Dulu banyak orang menunggu korannya di lempar dari luar pagar rumah. Yap, inilah yang dilakukan para pengantar koran, berkeliling dan melempar koran pagi ke rumah para pelanggan.

Sayang sekali saat ini, orang tak perlu lagi menunggu koran. Tinggal klik kolom pencarian di komputer, semua informasi dan berita yang dibutuhkan lansung bisa di akses.

Dengan perkembangan teknologi, seperti pekerjaan ini akan segera berakhir. Sebab saat ini berita di internet bisa menyediakan pengetahuan global yang lebih luas.


8. Petani Mandiri atau Keluarga

Cengkeraman konglomerat besar pada sektor pertanian telah menggiling usaha pertanian kecil. Untungnya saat ini masih ada pengembangan produk-produk organik yang ramai di pasaran. Sehingga peluang bagi petani rumahan atau keluarga masih bisa berkembang.

Sebab itu sebaiknya pekerjaan ini tetap dikembangkan. Meski melanjutkan pertanian keluarga lebih membutuhkan gagasan-gagasan usaha.


9. Operator Telepon

Pengaturan suara modern membuat para operator telepon jadi tak penting lagi. Berkaca dari ini, sebaiknya profesi operator telepon ditiadakan saja.

Memang beberapa orang masih menggunakan voicemail untuk bisa bicara dengan orang lain. Tapi kebanyakan lebih memilih terhubung langsung dengan orang yang ingin dihubungi.


10. Kasir Supermarket

Bisnis online mengurangi biaya untuk membayar kasir yang bertugas melayani konsumen. Tapi jika ada kerusakan di situs, terlebih soal harga, Anda tak bisa menjual produk tersebut.

Namun jika pembeliannya langsung, masih ada kasir yang bisa memperbaiki kerusakan mesin penghitung harga penjualan.

Sebab itu, pekerjaan ini sepertinya masih bisa ada. Sebab konsumen masih butuh banyak bantuan. Para penjaga toko bisa mengawasi dan membantu konsumen. Kemampuan melayani konsumen lebih baik dilakukan manusia daripada mesin.

11. Pengantar Surat

Dengan banyaknya sistem online untuk belanja, pembayaran kredit, komunikasi dan lain-lain, apakah masyarakat masih membutuhkan surat?. Jawabannya, masih.

Walaupun kotak surat nyaris menjadi barang antik, dan penggunaan bisnis online lebih meluas, fokus pada pengiriman paket langsung bisa lebih terjamin dan menguntungkan.


12. DJ on-air

Program-program radio satelit dan web seutuhnya mengubah stasiun radio. Yap, Anda masih bisa menelepon dan bicara langsung dengan DJ, tapi nasib para DJ ini mulai dipertanyakan.

Kendati demikian, pekerjaan ini masih akan bertahan beberapa waktu. Sebab para DJ ini punya kemampuan untuk mengatur radio dan komunikasi yang baik yang membuka banyak kesempatan untuk memperdengarkan suara dan lagu yang mereka mainkan. (Nur)

    BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online