Sukses

Chatib Basri Resmi Ditunjuk Jadi Menteri Keuangan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya resmi menunjuk Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), M Chatib Basri, sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) yang baru menggantikan Agus Martowardojo. Penunjukan ini dilakukan setelah presiden melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and porpert test) hari ini.

Pelantikan Menkeu baru tersebut dijadwalkan akan berlangsung pada Selasa, 23 Mei 2013 di kantor Presiden, Jakarta.

"Chatib Basri pernah bertugas sebagai staf khusus Menkeu, kemudian juga sebagai deputi menkeu saat tugas G-20," kata Presiden SBY di Jakarta, Senin (20/5/2013).

Selain jabatan tersebut, SBY mengatakan, pengalaman Chatib sebagai Kepala BKPM serta Wakil Ketua Dewan Ekonomi Nasional "Oleh karena itu, penugasan dan dedikasinya saya memandang Chatib Basri sebagai menteri keuangan," kata SBY.

Sebelumnya, Chatib saat ditemui wartawan usai bertemu Presiden SBY di Kantor Presiden, mengakui dirinya diminta menghadap oleh Presiden terkait dengan beberapa penugasan yang akan diberikan. "Pertama saya diminta menjaga kebijakan fiskal yang hati-hati," ujarnya.

Tugas lain yang diberikan presiden, lanjut Chatib, adalah mengenai perlunya dibuat kebijakan fiskal yang cocok untuk investasi di masa mendatang.

"Bapak Presiden menyampaikan pada saya, walaupun kehati-hatian fiskal tetap diperlukan, tapi di sisi lain harus dibuat sebuah kebijakan fiskal atau insentif fiskal yang cocok dengan pertumbuhan investasi ke depan," jelasnya.

Tapi, Chatib kala itu tetap tak menjawab pertanyaan tentang terpilihnya dirinya menjadi Menkeu. Chatib justru menegaskan bahwa tak ada pembicaraan soal jabatan tersebut. "Hanya itu yang disampaikan Presiden kepada saya," pungkasnya.(Shd)

    Video Populer Bisnis

    Tutup Video