Sukses

Potret Tempat Menginap Petugas Upacara HUT RI ke-79 di IKN, Punya Lift Panoramic

Pemerintah terus mempersiapkan segala fasilitas untuk menyelenggarakan Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) 1 di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) akan digunakan sebagai salah satu akomodasi petugas upacara HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024, yang akan diselenggarakan di IKN.

"Kantor Kemenko 1 akan menampung petugas upacara 17 Agustus di IKN," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (25/6/2024).

Untuk menambah kenyamanan para petugas upacara, Menteri Basuki minta untuk ditambahkan kamar mandi temporer di setiap lantai. Sebab hanya terdapat 6 kamar mandi permanen di setiap lantai.

"Kami akan siapkan 10 kamar mandi portable di setiap lantai. Walaupun hanya menginap di sini satu dua hari tapi kan orang butuh mandi. Kamar mandi portable yang penting bersih, air sudah masuk tidak perlu pakai tanki lagi," pinta dia.

Kantor Kemenko 1 yang akan digunakan sebagai akomodasi petugas upacara adalah Tower 1 lantai 1-3 yang ditargetkan rampung pada 7 Juli 2024. Kantor Kemenko 1 terdiri dari 4 tower di mana setiap tower terdiri dari 6 lantai dan 1 lantai semi basement yang dilengkapi dengan lift panoramic.

Saat ini progres pembangunan secara keseluruhan mencapai 78,9 persen. Kantor Kemenko 1 dapat menampung total 1.345 ASN yang terdiri dari menteri, jajaran eselon 1 dan 2, ASN dan staf.

 

Punya Nilai Kontrak Rp 745,7 Miliar

Pekerjaan Kantor Kemenko 1 dimulai pada 30 Desember 2022 dengan nilai kontrak Rp 745,7 miliar, dengan kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya Bangunan Gedung.

Lingkup pekerjaan meliputi pekerjaan perencanaan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, pekerjaan MEP, pekerjaan interior, pekerjaan lansekap, pekerjaan kawasan dan pencapaian Bangunan Gedung Hijau dengan kriteria utama.

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) sekaligus Plt Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Raja Juli Antoni, berharap ke depannya Kantor Kemenko 1 dapat menjadi tempat yang nyaman bagi ASN untuk bekerja. "Insya Allah kantor ini akan menjadi kantor Kementerian yang nyaman dan produktif untuk bekerja," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

IKN Itu Apa Artinya?

Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur merupakan sebuah langkah besar yang diambil oleh pemerintah Indonesia. Hal ini bukan sekadar memindahkan pusat pemerintahan, tetapi juga memiliki makna dan tujuan yang lebih luas.

Arti Dibangunnya IKN Nusantara:

  • Simbol Identitas Nasional: IKN Nusantara menjadi simbol identitas nasional yang baru bagi Indonesia. Pemindahan ibu kota ini menunjukkan tekad bangsa untuk membangun masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan.
  • Kota yang Cerdas dan Ramah Lingkungan: IKN Nusantara dirancang sebagai kota yang cerdas (smart city) dan ramah lingkungan. Kota ini akan menerapkan teknologi terkini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan meminimalkan dampak lingkungan.
  • Pusat Ekonomi Baru: IKN Nusantara diharapkan dapat menjadi pusat ekonomi baru bagi Indonesia. Hal ini akan membantu untuk pemerataan pembangunan dan membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat di luar Jawa.
3 dari 3 halaman

IKN berada di provinsi apa?

Perlu diketahui, Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara berada di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Tujuan Dibangunnya IKN Nusantara:

  1. Pemerataan Pembangunan: Salah satu tujuan utama pemindahan ibu kota adalah untuk pemerataan pembangunan. Saat ini, Pulau Jawa, khususnya Jakarta, menjadi pusat ekonomi dan pemerintahan Indonesia. Hal ini menyebabkan ketimpangan pembangunan dengan daerah lain di Indonesia.
  2. Pengurangan Beban Jakarta: Jakarta saat ini menghadapi berbagai masalah, seperti kemacetan, polusi, dan banjir. Pemindahan ibu kota diharapkan dapat mengurangi beban Jakarta dan memungkinkan kota ini untuk berkembang dengan lebih baik.
  3. Mewujudkan Visi Indonesia 2045: IKN Nusantara merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan Visi Indonesia 2045, yaitu menjadi negara maju, adil, dan makmur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini