Sukses

Kesalahan di Tempat Kerja Ini Punya Dampak Besar ke Kehidupan, Bagaimana Atasinya?

Kesalahan karier yang sering dilakukan orang yang dapat membuat kamu kelelahan dan tidak bahagia adalah ketidakjujuran dalam menentukan prioritas dan pengorbanan.

Liputan6.com, Jakarta Mencapai tujuan karier yang telah lama didambakan, entah itu naik gaji atau mendapatkan promosi besar, mungkin terlihat seperti jalan keluar untuk merasa puas di tempat kerja. Namun kemungkinan besar, kamu masih bisa merasa kosong, bosan, atau tidak puas bahkan setelah mencapai pencapaian ini.

Profesor Harvard Business School dan salah satu ketua dari inisiatif “Managing the Future of Work” di sekolah tersebut, Joseph Fuller mengatakan hal seperti itu normal.

“Jarang sekali karier kita sesuai dengan harapan yang kita miliki,” katanya dikutip dari CNBC, Kamis (14/6/2024).  

Pemikiran yang sama juga berlaku untuk tujuan profesional yang dikejar: Jika kamu memiliki ekspektasi yang tidak realistis bahwa kenaikan gaji atau pindah kerja akan menyelesaikan semua masalah, bersiaplah untuk gagal. 

Kesalahan karier yang sering dilakukan orang yang dapat membuat seseorang kelelahan dan tidak bahagia, adalah ketidakjujuran dalam menentukan prioritas dan pengorbanan yang ingin dilakukan di tempat kerja. 

“Ini adalah pesan yang selalu saya sampaikan kepada murid-murid saya: "Orang-orang yang paling tidak bahagia dalam kariernya adalah mereka yang tidak jujur pada diri sendiri tentang tujuan yang ingin mereka prioritaskan dalam kariernya dan apa yang rela mereka korbankan untuk mencapainya,” jelas Fuller. 

Sebagai contoh, jika kamu merasa memiliki waktu libur di akhir pekan dan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah hal yang penting, maka sebaiknya tidak ambil pekerjaan yang menuntut 80-100 jam kerja per minggu, meskipun gajinya besar atau jabatannya terlihat bagus di atas kertas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Ada Pekerjaan yang Sempurna

Tidak ada pekerjaan yang sempurna, namun kamu bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan apabila sudah mengetahui dengan jelas prioritas utama dan konsekuensi apa yang bisa atau tidak bisa dilakukan sebelum menerima tawaran pekerjaan.

Kamu bisa mengevaluasi budaya perusahaan saat wawancara dengan menanyakan bagaimana perusahaan mendukung pengembangan profesional karyawan, memberikan umpan balik, dan merespons tantangan, diantara pertanyaan-pertanyaan lainnya. 

Menemukan pekerjaan di mana seseorang memiliki kendali dan bersemangat dengan pekerjaan yang lakukan dapat membantu Anda tetap termotivasi dan menangkal kelelahan, tambah Fuller.

Trik lain untuk menemukan kepuasan karier adalah dengan menerapkan nilai-nilai inti Anda ke dalam tanggung jawab sehari-hari.

3 dari 3 halaman

Tujuan yang Selaras

Fuller mengatakan bahwa kamu bisa menawarkan proyek sampingan yang berarti kepada atasan, mengatur lebih banyak acara sosial di kantor atau menjadi sukarelawan untuk memimpin rapat mingguan, tergantung apa yang paling disukai.

Bagaimanapun definisi kesuksesan seseorang, “Anda ingin bekerja di organisasi yang tujuannya selaras dengan tujuan dan ambisi Anda sendiri,” ujar Fuller,

“Entah itu mendapatkan penghasilan besar atau mengubah dunia.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini