Sukses

Indonesia-Singapura Sinergi Amankan Pantura Jawa dari Ancaman Banjir

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Menteri Negara Senior Bidang Keberlanjutan dan Lingkungan Singapura, Amy Khor membahas pengaman pantai dan manajemen banjir

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Menteri Negara Senior Bidang Keberlanjutan dan Lingkungan Singapura, Amy Khor membahas pengaman pantai dan manajemen banjir yang dilakukan kedua negara.

Pembahasan ini dilakukan di pertemuan bilateral pada salah satu agenda dalam World Water Forum ke-10 yang diselenggarakan di Bali, 18-25 Mei 2024.

Menteri Basuki mengatakan semua garis pantai di Indonesia merupakan prioritas yang harus diamankan. Khususnya di wilayah Pantai Utara atau Pantura Jawa yang permukaan tanahnya terus terkikis.

"Indonesia memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia. Untuk itu semuanya adalah prioritas, utamanya di Pantai Utara Jawa yang membentang dari Jakarta sampai Surabaya. Setiap tahun mengalami penurunan 10-12 cm," kata Basuki dalam keterangan tertulis, Kamis (23/5/2024).

Berbagai Ilmu

Untuk meningkatkan infrastruktur pengamanan pantai perlu dilakukan sharing knowledge antara Indonesia dan Singapura.

"Kita perlu mendiskusikan lebih lanjut upaya untuk meningkatkan infrastruktur. Indonesia akan menunjukkan apa yang telah dimiliki, begitu juga dengan Singapura. Saya harap kita bisa membangun kolaborasi," imbuh Basuki.

Sementara Menteri Negara Senior Bidang Keberlanjutan dan Lingkungan Singapura, Amy Khor mengatakan negaranya saat ini dalam tahap mempelajari pengaman pantai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penanangan Banjir di Singapura

Sementara untuk manajemen banjir Singapura telah membangun 15 kolam bawah tanah ukuran olimpiade yang digunakan untuk menampung air hujan.

"Kami membagi garis pantai menjadi beberapa bagian dan melihat karakteristiknya masing-masing. Kami yakin Indonesia lebih ahli dalam hal ini dan kita bisa belajar dari satu sama lain. Kami tertarik untuk berkolaborasi dalam pengaman pantai dan manajemen banjir," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.