Sukses

Ramai Disorot, Ternyata Ini Motif Batik yang Dipakai Elon Musk saat Luncurkan Starlink

Elon Musk, CEO SpaceX dan Tesla, kembali menarik perhatian publik dengan penampilannya di World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. Kali ini, bukan hanya karena ide-idenya yang futuristik, tetapi juga karena batik yang dikenakannya.

Liputan6.com, Jakarta Elon Musk, CEO SpaceX dan Tesla, kembali menarik perhatian publik dengan penampilannya di World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. Kali ini, bukan hanya karena ide-idenya yang futuristik, tetapi juga karena batik yang dikenakannya.

Musk terlihat mengenakan batik berwarna hijau dengan motif Bomba, motif khas Tenun Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Batik ini sebelumnya juga pernah dikenakannya saat kegiatan B20 Summit di Bali pada November 2022.

Penampilan Musk dengan Batik Bomba ini disambut antusias oleh berbagai pihak, termasuk Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham Sulteng).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, mengatakan bahwa hal ini menunjukkan bahwa kekayaan intelektual (KI) Sulteng, khususnya Batik Bomba, sudah mendunia.

 

"Ini merupakan kebanggaan bagi Sulteng. Batik Bomba yang merupakan Indikasi Geografis Kekayaan Intelektual kita, kini sudah dikenal dan dipakai oleh tokoh dunia seperti Elon Musk," ujar Hermansyah Siregar dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Lebih lanjut, Hermansyah Siregar menjelaskan bahwa Kemenkumham Sulteng akan terus berupaya untuk melindungi KI lokal Sulteng agar tidak dibajak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kami akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya melindungi KI. Kami juga akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memperkenalkan KI Sulteng ke dunia internasional," tandasnya.

Batik Bomba sendiri merupakan motif batik khas Tenun Donggala yang memiliki makna filosofis yang mendalam. Motif ini melambangkan kekuatan, keberanian, dan semangat juang masyarakat Kabupaten Donggala.

Penampilan Elon Musk dengan Batik Bomba diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan popularitas batik ini di kancah internasional. Hal ini juga dapat menjadi peluang bagi para pengrajin batik di Donggala untuk meningkatkan omzet penjualan mereka. “Semoga saja para pengrajin tenun Donggala dapat lebih sejahtera lagi, ini tujuan kita juga,” pungkas Hermansyah Siregar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menko Luhut: Elon Musk Sangat Senang Bertemu Prabowo

Sebelumnya, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyampaikan pendiri SpaceX dan Tesla Elon Musk telah bertemu langsung dengan Prabowo Subianto. Keduanya berjumpa di tengah rangkaian kegiatan World Water Forum ke-10 di Bali. 

Luhut mengatakan, Elon Musk mengaku senang dengan hasil pertemuannya bersama Prabowo. Menurut dia, itu jadi pertanda bagus untuk kelanjutan investasi bos Tesla tersebut di Indonesia. 

"Pak Prabowo sudah bertemu dengan Elon Musk dan juga bicara banyak. Saya dengar Elon Musk juga cerita sama saya, sangat senang dengan pertemuannya dengan pak Prabowo. Ini bagus," ujar Luhut di Bali Nusa Dua Convention Center, Selasa (21/5/2024).

Adapun Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih Indonesia 2024-2029 sebelumnya telah diperkenalkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada pembukaan World Water Forum ke-10 Bali. 

Menurut Luhut, perkenalan terhadap Prabowo sebagai pemimpin negara pengganti Jokowi pun mendapat sambutan hangat dari para tamu undangan di Forum Air Sedunia tersebut.

"Pak Jokowi memperkenalkan pak Prabowo kepada peserta World Water Forum, dan komentarnya yang saya terima mereka mengatakan bahwa suatu hal yang luar biasa," ungkap Menko Luhut. 

"Saya pikir memberikan signal yang bagus kepada market bahwa serah terima dan kontinuitas pembangunan kita akan bisa berjalan lebih baik lagi," tutur Luhut. 

Sebelumnya, Jokowi juga telah bertemu dengan Elon Musk di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum ke-10 yang berlangsung di Bali International Convention Center (BICC), Kabupaten Badung, Bali pada Senin, 20 Mei 2024. 

Jokowi dan Elon Musk antara lain membahas akselerasi transformasi digital di Indonesia hingga potensi pengembangan investasi di Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Ajak Elon Musk Kembangkan Investasi di Indonesia

Dalam pertemuan tersebut, RI 1 mengapresiasi Musk atas keikutsertaannya sebagai pembicara di forum tersebut dan membahas pentingnya pengelolaan air. 

Ia juga mengundang Musk untuk mengembangkan lebih lanjut investasinya di Indonesia, yang mencakup perusahaan-perusahaan antara lain SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring.

"Pak Musk, Indonesia saat ini sedang menjalani percepatan transformasi digital nasional dan membuka banyak potensi investasi di sektor infrastruktur, teknologi pemerintahan, ekonomi digital, dan masyarakat digital. Oleh karena itu, kami mengapresiasi dan terus mendorong pengembangan investasi perusahaan SpaceX, Tesla, Neuralink, dan Boring di Indonesia," ujar Jokowi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini