Sukses

Kala Sopir Truk Kontainer Grogi Ditumpangi Sri Mulyani dan Menko Airlangga

Sri Mulyani dan Menko Airlangga sama-sama berinisatif untuk naik ke ruang kemudi truk pengangkut kontainer di Pelabuhan Tanjung Priok pada Sabtu pagi tadi

Liputan6.com, Jakarta - Ada momen unik ketika Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 'nebeng' di truk kontainer. Pasalnya, sang sopir sepertinya grogi ada 2 menteri sekaligus masuk di mobilnya.

Hal ini terjadi ketika Menko Airlangga dan Menkeu Sri Mulyani meninjau Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (18/5/2024). Kedua menteri itu pun terlihat berfoto bersama sang sopir di dalam ruang kemudi.

"Foto selfie oleh Pak Zohar Mamun, beliau pengemudi head truck container yang membawa kontainer untuk keluar Pelabuhan Tanjung Priok," ungkap Sri Mulyani melalui akun Instagram @smindrawati, Sabtu (18/5/2024).

Dia mengatakan kalau sopir tersebut grogi karena Bendahara Negara duduk di sebelahnya. Menurutnya, ini jadi momen perdana bagi sopir kontainer tersebut.

"Pak Zohar agak grogi katanya, belum pernah ada Menteri Keuangan duduk di sebelahnya naik truknya. Beliau berusaha selfie di dalam truk bersama saya dan pak Menko @airlanggahartarto_official. Menyala Abangkuh," tulisnya.

Seperti diketahui, Sri Mulyani dan Menko Airlangga sama-sama berinisatif untuk naik ke ruang kemudi truk pengangkut kontainer tadi. Mulanya, Sri Mulyani berdiri di sela-sela headtruck dan kontainer. Tak lama, dia pindah ke samping sopir, diikuti oleh Menko Airlangga di sisi pintu.

Pada unggahannya, Sri Mulyani membagikan 5 foto. Sebanyak 3 foto diambil dari sisi sang sopir, dan 2 lainnya dari sisi Menko Airlangga.

Ketiganya nampak semringah ketika merasakan momen perdana tersebut. Terluhat tawa merekah di wajah Sri Mulyani, Menko Airlangga dan sang sopir.

Informasi, Menko Airlangga, Sri Mulyani dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mendatangi JICT pasca pemerintah merilis Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 8 Tahun 2024 yang berlaku sejak 17 Mei 2024. Ini jadi aturan relaksasi impor bagi 26.000 kontainter yang masih tertahan di pelabuhan di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menko Airlangga-Sri Mulyani Nebeng Truk di Tanjung Priok

Diberitakan sebelumnya, pemerintah mulai memberlakukan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 8 Tahun 2024. Aturan ini merupakan relaksasi impor bagi barang-barang yang tertahan di pelabuhan, termasuk di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto turut melepas langsung sejumlah kontainer yang sempat tertahan. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga ikut terlibat dalam pelepasan tersebut.

"Pagi ini, realisasi pengeluaran barang ini tentu kita berharap bahwa dari KPU Bea Cukai Tanjung Priok bisa segera merilis komoditas-komoditas yang telah diatur dalam Permendag 8 tahun 2024," ujar Menko Airlangga di Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (18/5/2024).

Menariknya, Menko Airlangga dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ikut 'nebeng' ke truk yang akan keluar pelabuhan. Keduanya duduk di samping sang sopir.

Mulanya, Sri Mulyani bahkan mencoba naik di bagian belakang ruang kemudi, tepat berada di sela-sela antara kontainer dan kepala truk. Tak lama, Sri Mulyani kembali turun.

 

3 dari 3 halaman

Masuk ke Headtruck

Akhirnya, Sri Mulyani dan Airlangga masuk ke tempat duduk penumpang sebelah sopir. Terlihat, Bendahara Negara masuk lebih dulu dan duduk di samping sopir, diikuti oleh Airlangga di sebelahnya.

Keduanya ikut 'nebeng' sebagai seremoni pelepasan awal kontainer yang sebelumnya tertahan. Tak sampai keluar pelabuhan, Sri Mulyani dan Menko Airlangga pun turun setelah truk berjalan beberapa meter.

Informasi, ada 13 kontainer yang dikeluarkan hari ini di Pelabuhan Tanjung Priok. Kemudian, ada 17 kontainer lain yang juga diberangkatkan keluar dari Pelabuhan Tanjung Perak.

"Artinya dengan tadi malam sudah dikeluarkan Permendag (Nomor 8 Tahun 2024) kita langsung bisa mengeluarkan 13 kontainer di sini dan 17 di Tanjung Perak," kata Sri Mulyani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini